Category Penyakit

berkumur air garam redakan sakit tenggorokan

Apakah Berkumur Air Garam dapat Meredakan Sakit Tenggorokan?

Tenggorokan gatal, bengkak, dan sakit saat menelan membuat Anda tak tahan? Anda pasti pernah mendengar saran bahwa berkumur air garam bisa meredakan sakit tenggorokan. Namun, apakah hal itu fakta atau mitos belaka? Bagaimana penjelasan ilmiahnya? Simak penjelasan berikut!

Berkumur dengan Air Garam Dapat Meredakan Sakit Tenggorokan.

Meredakan sakit tenggorokan dengan berkumur air garam sudah dilakukan manusia sejak berabad-abad silam. Bahkan, hal ini telah menjadi tradisi turun temurun dalam mengatasi sakit tenggorokan.

Para ahli bahkan memprediksikan bahwa cara ini mungkin berlaku sebelum obat bebas banyak dijual di pasaran. Kini banyak orang memakai obat kumur tenggorokan yang dijual bebas, meskipun masih banyak yang menggunakan cara lama.

Berkumur Air Garam Hangat Memang Meredakan Sakit Tenggorokan.

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam memang bisa melegakan sakit tenggorokan. Tetapi, tidak hanya itu. Ada pula manfaat-manfaat yang bersifat sebagai pencegahan.

”Saat air garam dikumurkan ke tenggorokan, larutan itu menarik banyak cairan dari jaringan di area tenggorokan. Akibatnya, banyak virus yang terbawa dan terbuang saat air dikeluarkan. Seperti kita tahu, garam berfungsi menarik air,” kata Sorana Segal-Maurer, MD, ketua divisi Penyakit Menular di New York Hospital Queens,

Secara teknis, berkumur air hangat campur garam sama halnya mencuci tenggorokan. Garam menarik hal-hal yang mengganggu dari dalam tenggorokan, lalu kita membuangnya. Melakukannya beberapa kali sehari tentu membantu proses penyembuhan.

Manfaat lainnya adalah jika ternyata larutan itu tertelan, tak akan berbahaya bagi tubuh. Jika tak sengaja menelan larutan air garam jumlahnya pasti tak banyak. Jadi, Anda tidak benar-benar minum air garam.

Lantas, apakah air garam bisa menyembuhkan sakit tenggorokan? Sebenarnya tidak. Air garam tidak menyembuhkan infeksi virus (jika sakit tenggorokan itu karena virus). Air garam saja tidak cukup untuk menjadi antivirus.

Resep Air Garam untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Meski tidak dapat mengobati dari serangan virus, tidak ada salahnya mencoba berkumur dengan air garam, jika itu sekadar untuk meringankan penderitaan. Ada banyak resep untuk membuat larutan air garam. Secara umum resep yang satu ini bisa meringankan sakit tenggorokan. Yaitu, cukup campur 1/4-1/2 sendok teh garam ke dalam 8 ounce air hangat (atau setengah cangkir).

Selain meringankan sakit tenggorokan, berkumur air hangat campur garam juga bisa meredakan sakit gigi. Cara kerjanya kira-kira sama. Berkumur, buang air bekas kumur, lakukan beberapa kali sehari.

Berkumur air hangat biasa (tanpa garam) juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi saluran pernapasan atas. Tampaknya hal ini lebih disukai, meski mungkin tak seefektif air hangat campur garam.  

Read More