Manfaat Serta Risiko Olahraga High Impact yang Sebaiknya Anda Ketahui

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Menu olahraga dapat Anda sesuaikan tergantung kebutuhan tubuh serta tujuan Anda berolahraga. Misalnya olahraga untuk ibu hamil tentu saja berbeda dengan olahraga untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga sendiri terbagi menjadi olahraga high impact dan low impact.

olahraga high impact

Olahraga high impact  adalah jenis olahraga yang gerakannya didominasi lompatan dan hentakan. Olahraga high impact akan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dibandingkan olahraga low iimpact. Berikut ini merupakan manfaat serta risiko yang mungkin muncul karena melakukan olahraga high impact.

Manfaat olahraga high impact

Terdapat beberapa jenis olahraga high impact yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah lari, jumping jack, dan squat. Olahraga high impact memiliki manfaat bagi tubuh, lho! Berikut beberapa manfaat olahraga high impact tersebut. 

  1. Menurunkan berat badan 

Manfaat pertama olahraga high impact adalah untuk menurunkan berat badan secara cepat. Ketika Anda melakukan olahraga high impact, maka kalori dan energi yang terbakar lebih banyak ketimbang ketika Anda hanya melakukan olahraga loow impact. 

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat oalhraga high impact yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kepadatan tulang. Tulang akan menguat seiring seringnya Anda melakukan olahraga high impact. Akan tetapi, olahraga ini sebaiknya dihindari jika Anda sudah berusia lanjut. Sebab tulang tidak akan semakin padat, malah akan menimbulkan risiko terjadinya cedera. 

  1. Berpengaruh pada performa tubuh

Berolahraga high impact bisa membuat performa tubuh Anda berada pada posisi terbaiknya. Olahraga high impact dapat mengoptimalkan koordinasi, keseimbangan, dan kestabilan tubuh. Akan tetapi, olahraga high impact bukanlah jenis olahraga untuk pemula. 

  1. Membantu atlet 

Olahraga high impact memang biasanya dilakukan oleh para atlet yang sudah profesional. Olahraga high impact dapat membantu para atlet untuk mempersiapkan tubuh sebelum kompetisi. Beberapa jenis olahraga seperti maraton dan tinju sangat efektif menggunakan olahraga high impact untuk training sebelum kompetisi. 

  1. Memperkuat organ tubuh

Manfaat lain dari olahraga high impact adalah dapat memperkuat organ tubuh Anda. Paru-paru dan jantung akan menjadi lebih optimal bekerja serta lebih sehat ketika Anda melakukan olahraga high impact ini. 

Risiko olahraga high impact 

Selain memiliki manfaat, olahraga high impact juga bisa menimbulkan risiko tersendiri bagi tubuh. Beberapa risiko yang mungkin muncul adalah seperti berikut ini. 

  1. Stress Fracture

Risiko yang mungkin muncul ketika Anda sering berolahraga high impact yaitu stress facture. Jenis olahraga yang berisiko membuat Anda mengalami stress facture adalah basket atau lari. Sress fracture adalah retakan kecil pada tulang ketika otot bekerja secara berlebihan. Otot yang bekerja berlebih akhirnya membuat kaki tidak memiliki kekuatan ketika hentakan terjadi. Jika Anda mengalami stress fracture, sebaiknya Anda menghubungi dokter sebab bisa saja muncul indikasi patah tulang. 

  1. Cedera

Selain stress fracture, terdapat pula risiko lain dari olahraga high impact yaitu cedera. Kondisi cedera yang biasa terjadi adalah Illiotibial Band Syndrome (ITBS). Ketika cereda ITBS terjadi, tendon yang menghubungkan lutut ke pinggul mengalami peradangan. ITBS akan menyebabkan rasa nyeri menusuk pada bagian luar lutut. 

  1. Nyeri lutut

Olahraga high impact dapat menimbulkan risiko nyeri terutama pada bagian lutut. Hal tersebut karena lutut menahan beban tubuh terus menerus ketika Anda melakukan olahraga high impact. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengurangi olahraga jenis high impact.

Apabila Anda rutin melakukan olahraga high impact, maka Anda harus menyeimbangkan pola hidup yang lain seperti makan dan tidur. Konsumsi makanan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Selain itu tidur secara teratur dan berkualitas menjadi sangat penting untuk kebugaran tubuh. Kedua hal tersebut membantu tubuh Anda tetap bugar dan sehat sehingga risiko olahraga high impact dapat diperkecil. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapat saran tentang jenis olahraga apa yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>