Category Kesehatan Kulit

toner untuk kulit kombinasi

7 Rekomendasi Toner untuk Kulit Kombinasi

Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit dengan fungsi mengangkat sisa kotoran yang terdapat di kulit wajah. Namun ternyata fungsi toner untuk kulit kombinasi, artinya tak hanya dipakai membersihkan kulit, melainkan juga memiliki fungsi beragam bagi kesehatan kulit. Toner dipakai karena menggunakan sabun saat membersihkan wajah dirasa tidak cukup.

Salah satu produk yang diperlukan dalam rangkaian perawatan adalah toner, digunakan agar semua kotoran dan minyak di kulit wajah bisa terangkat dengan sempurna. Produk ini digunakan mengingat tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama, ada yang kasar dan ada juga yang sensitif, sementara itu toner juga muncul dengan beragam jenis sesuai dengan jenis kulit.

Toner untuk Kulit Kombinasi

  • Viva Face Tonic Sprirulina

Produk toner ini ditujukan untuk kulit kering hingga normal, namun juga direkomendasikan untuk kulit kombinasi. Bahan utamanya spirulina atau ganggang biru laut yang kaya akan vitamin dan asam amino. Fungsinya menutrisi kulit, proses regenerasi sel dan menghindari proses penuaan dini.

Toner ini mampu mengangkat sisa-sisa penggunaan milk cleanser hingga kotoran yang masih tertinggal di wajah, Memiliki formula yang bisa menyegarkan kulit, mengecilkan pori-pori dan menjaga kesimbangan pH kulit.

  • Emina Witch Power

Dijual dengan harga Rp28 ribu, sudah diperkaa zinc gluconate yang mampu mengontrol produksi sebum penyebab jerawat. Selain itu juga mengandung ekstrak witch hazel sebagai anti-inflamasi, fungsinya melembapkan sekaligus mengecilkan proru-pori kulit.

Mampu melembapkan pori-pori kulit dan bebas dari alkohol, sehingga produk ini aman digunakan bagi orang-orang dengan kulit kombinasi dan alergi dengan alkohol. Bau produk ini seperti wangi bunga yang memberi kesan menenangkan.

  • Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Tone

Merupakan brand kosmetik asal Bali yang sudah memiliki toko offline di Amerika Serikat, bahan brand ini ramah lingkungan untuk produk-produk kecantikan. Termasuk Sandalwodd Dream Facial Tone yang memang khusus untuk kulit kombinasi dan cenderung berminyak. Produk ini diklaim mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan seimbangkan level pH kulit.

  • Benton Aloe BHA Skin Toner

Produk ini megusung bahan utama aloe vera atau lidah buaya dengan fungsi menghidrasi kulit, juga diperkaya hyaluronic acid, salicylic acid dan snail secretion fitrate. Hyaluronic acid mampu melembapkan kulit dan mengurangi kerutan pada wajah dan memberi efek yang menenangkan.

Sementara salicylic acid untuk mencegah munculnya komedo penyebab jerawat, kandungan snail secretion fitrate juga membuat produk ini menjaga elastisitas dan melindungi kulti dari radikal bebas, serta menyembuhkan luka bekas jerawat cocok untuk kulit kombinasi.

  • Innisfree Green Tea Balancing Skin EX

Memiliki bahan utama green tea atau teh hijau yang berasal dari Pulau Jeju, Korea Selatan, bahan ini kemudian diolah dan menghasilkan formula beauty green tea dengan 3,5 kali lebih bernutrisi dari ramuan green tea sebelumnya.

Toner ini mampu memberikan kelempaban pada kulit dan mengontrol keseimbangan minyak dan air yang dibutuhkan kulit. Setelah penggunaan toner ini, terkstur kulit diklaim akan terasa lebih lembut dan tampak lebih anggun.

  • Avene Gentle Toning Lotion

Toner untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah Avene Gentle Toning Lotion, kerap disarankan bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi dan juga sensitif. Memiliki kandungan thermal spring water yang mampu menenangkan dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Produk ini diperkaya natural silicates yang fungsinya membersihkan lapisan pelindung untuk kulit, selain itu toner ini diformulasikan dengan teknologi B-phase, untuk melindungi kulit dari zat-zat eksternal berbahaya.

Read More

Begini Cara Memencet Komedo di Pipi dengan Aman

Komedo di Pipi Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengusirnya!

Komedo adalah salah satu jenis jerawat ringan. Komedo di pipi bisa menyerang siapa saja, tak memandang jenis kulit yang Anda miliki.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih dan hitam. Komedo putih disebut juga dengan komedo tertutup, yang disebabkan oleh bakteri. Sementara komedo hitam disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut dengan sebum atau minyak.  

Penyumbatan pori-pori yang memicu komedo dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai faktor genetika hingga pemilihan produk kecantikan yang bersifat comedogenic

Memencet komedo adalah alternatif cepat menghilangkan komedo. Biasanya praktik ini dilakukan oleh ahli kecantikan atau dermatologis.  Namun, kebanyakan orang melakukannya sendiri. Tanpa disadari, perilaku tersebut dapat memicu iritasi dan infeksi sehingga memperparah komedo. 

Meski tidak disarankan untuk dilakukan sendiri, berikut ini langkah-langkah memencet komedo di pipi dengan aman.

  • Mengompres jerawat dengan air hangat

Membasuh wajah dengan air hangat kuku atau mengompresnya dengan handuk bersih dapat membuat pori-pori Anda rileks, dan pori-pori akan mengendur dengan sendirinya.

Anda juga bisa melakukan uap wajah dengan uap air hangat. Barang yang dibutuhkan hanyalah sebuah baskom kecil, air hangat, dan handuk.

  • Mencuci tangan 

Sebelum mulai memencet jerawat, pastikan tangan Anda bersih. Hal ini bertujuan untuk mencegah pemindahan bakteri dari tangan ke wajah.

Cuci tangan dengan sabun hingga bersih lalu keringkan dengan handuk. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan sarung tangan lateks. 

  • Memberi tekanan di sekitar pori-pori yang tersumbat

Pencet area sekitar yang diinginkan secara perlahan. Agar lebih higienis, Anda bisa menggunakan tisu atau kain kasa bersih sebagai pembatas antara wajah dan tangan.

  • Tekan pori secara perlahan dengan gerakan ke depan dan belakang

Gerakkan jari Anda ke depan dan belakang untuk mengeluarkan sumbatan. Ingat, jangan menekan terlalu keras untuk menghindari luka atau memar pada wajah Anda.

  • Berikan jeda 

Bila langkah di atas tidak dapat mengeluarkan komedo, maka berilah sedikit jeda. Biarkan kulit rileks dan pulih sebelum mencobanya kembali. Biasanya, waktu yang diperlukan hingga kulit pulih adalah satu hingga dua hari.

Setelah kulit pulih, lakukan hal yang sama dari awal.

  • Bersihkan area dengan astringent atau toner

Setelah sumbatan berhasil dikeluarkan, aplikasikan toner dengan kandungan yang ringan. Toner akan membunuh bakteri dan kotoran yang tersisa pada pori-pori Anda.

Setelah komedo hilang, hindari menyentuh area tersebut dengan tangan. Menyentuh dengan tangan bisa memicu timbulnya komedo baru.

Selain menggunakan tangan, Anda juga bisa menggunakan ekstraktor komedo. Alat ini terbuat dari stainless steel berbentuk seperti pensil dan memiliki lubang kecil di ujungnya.

Mencegah munculnya komedo

Beda jenis kulit maka beda perawatannya. Merawat wajah kering sangat berbanding terbalik dengan wajah berminyak, begitu pula dengan tipe kulit lainnya.

Melakukan cara pencegahan dibawah ini dapat dilakukan sebagai cara aman agar tidak memencet komedo di pipi. 

Untuk kulit kering dan sensitif, eksfoliasi dengan scrub yang halus dapat membantu menghilangkan minyak dan bakteri penyebab komedo. Selain itu hidrasi kulit Anda dengan mengaplikasikan pelembab bebas parfum dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Setelah lelah beraktivitas, pastikan mencuci bersih seluruh riasan dan kotoran yang menempel. Lakukan double cleansing dengan micellar water atau tisu khusus pembersih riasan wajah, serta sabun cuci muka.

Menggunakan tisu khusus berbahan dasar mentimun dapat membantu menambah kelembaban wajah.

Bagi pemilik kulit cenderung berminyak, Anda bisa menggunakan clay mask untuk menyerap minyak berlebih. Anda juga bisa membuat scrub wajah dari soda kue sebagai pengganti clay mask.

Gunakanlah produk dengan kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida. Menggunakan krim atau serum dengan kandungan retinoid juga bisa merawat kulit Anda lebih baik. 

Memencet komedo di pipi sangat tidak disarankan untuk dilakukan sendiri. Memencet jerawat rentan mengiritasi bahkan memperparah kondisi jerawat. 

Namun, Anda bisa melakukannya dengan hati-hati mengikuti langkah di atas. Jika Anda mengalami komedo berulang, maka langkah yang tepat adalah mendatangi dermatologis dan meminta perawatan yang cocok.

Read More

Powder Blush

Salah satu cara untuk mempercantik penampilan adalah dengan menggunakan make up. Ada berbagai jenis make up yang bisa Anda coba, salah satunya adalah merias wajah dengan polesan perona pipi atau blush on. Ada dua jenis perona pipi yang bisa Anda coba, antara lain powder blush dan cream blush.

Kedua jenis perona pipi dapat membuat wajah Anda tidak terlihat pucat. Anda dapat menggunakan salah satu jenis yang saat ini berkembang, namun sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakan powder blush untuk merias wajah setiap hari. Orang-orang cenderung memilih powder blush karena jenis ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Tidak hanya mengatasi masalah itu, powder blush juga dapat membuat Anda tampil lebih natural dibandingkan dengan menggunakan cream blush.

Jika Anda adalah pemula, Anda sebaiknya coba powder blush sebagai salah satu cara untuk membuat Anda cantik. Jika Anda bingung untuk memilih powder blush seperti apa, berikut adalah pilihan yang dapat Anda coba:

  • Jill Stuart Loose Blush

Jill Stuart Loose Blush adalah powder blush yang sangat mudah digunakan, karena produk tersebut memiliki tekstur yang sangat halus dan dapat menyatu dengan kulit dengan sempurna. Selain itu, Jill Stuart Loose Blush dapat memberikan penampilan wajah Anda secara natural. Anda dapat membeli Jill Stuart Loose Blush dengan harga sekitar Rp 700.000,00.

  • Make Over Blush On Single

Make Over Blush On Single menampilkan warna-warna natural untuk mempercantik riasan Anda. Make Over Blush On Single tersedia dalam berbagai pilihan warna berbeda untuk berbagai jenis kulit. Anda dapat membeli Make Over Blush On Single dengan harga sekitar Rp 75.000,00.

  • Mac Powder Blush

Mac Powder Blush adalah salah satu produk yang digunakan para penata rias profesional. Mac Powder Blush tersedia dalam 45 pilihan warna dan dapat memberikan hasil yang bagus pada wajah. Anda dapat membeli Mac Powder Blush dengan harga sekitar Rp 350.000,00.

  • Becca Mineral Blush

Becca Mineral Blush adalah pilihan powder blush lain yang bisa Anda coba, karena mengandung antioksidan yang mampu menjaga nutrisi kulit dan dapat mempercantik wajah Anda. Tidak hanya itu, Becca Mineral Blush juga dapat menyinarkan kulit wajah Anda. Anda dapat membeli Becca Mineral Blush dengan harga sekitar Rp 500.000,00.

  • Maybelline Fit Me Blush

Maybelline Fit Me Blush adalah pilihan powder blush lain yang dapat Anda gunakan karena produk ini aman untuk digunakan oleh semua orang yang memiliki jenis kulit yang berbeda. Tidak hanya itu, Maybelline Fit Me Blush dapat memberikan penampilan pada wajah Anda secara natural. Anda dapat membeli Maybelline Fit Me Blush dengan harga sekitar Rp 70.000,00.

  • Milani Baked Blush

Milani Baked Blush adalah produk yang bisa Anda coba jika Anda tidak ingin sering melakukan touch up pada kulit. Milani Baked Blush memiliki tekstur yang padat sehingga Anda dapat mengaplikasikan powder blush ini dengan mudah. Anda dapat membeli Milani Baked Blush dengan harga sekitar Rp 125.000,00.

  • Tarte Amazonian Clay Blush

Tarte Amazonian Clay Blush adalah pilihan lain yang bisa Anda coba jika Anda tidak ingin melakukan touch up pada kulit dan jika ingin menjaga ketahanan pada kulit wajah hingga 12 jam. Tidak hanya itu, Tarte Amazonian Clay Blush tidak akan luntur jika terkena air. Anda dapat membeli Tarte Amazonian Clay Blush dengan harga sekitar Rp 200.000,00.

Itulah powder blush yang bisa Anda coba. Anda juga perlu aplikasikan powder blush ke wajah Anda secara teratur, agar kulit wajah Anda tidak terlalu terang atau gelap. Selain itu, Anda perlu hati-hati menggunakan powder blush, karena bisa saja menimbulkan gejala seperti batuk-batuk dan iritasi pada mata.

Read More
cara menghilangkan bulu wanita

7 Cara Menghilangkan Bulu yang Efektif untuk Wanita

Apakah Anda termasuk orang yang sering melakukan ritual mencabut bulu demi mendapatkan tubuh mulus? Berikut ini cara menghilangkan bulu yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Bulu #1: Tweezer

Tweezer merupakan alat seperti capit yang digunakan untuk mencabut bulu di bagian

tertentu seperti alis maupun dagu.

Cara kerja: mencabut bulu satu per satu hingga ke akarnya.

Cocok untuk: mencabut dalam jumlah sedikit, misalnya area wajah

Bertahan sampai: 3-8 minggu

Tips: bersihkan tweezer dengan alkohol agar selalu steril dan terbebas dari bakteri.

Efek samping: jika mencabut bulu terlalu kencang dapat mengakibatkan rambut tumbuh ke dalam.

Cara Menghilangkan Bulu #2: Shaving

Cara kerja: pisau cukur elektrik atau razor bisa dipakai untuk memotong bulu hingga dekat ke akarnya. Menurut penelitian, metode ini tidak membuat bulu tumbuh menjadi hitam dan kaku, seperti yang dipercayai oleh masyarakat selama ini. Ketika kita mencukur bulu, kita menyisakan bulu di bagian akar yang tidak tercabut sehingga terasa kasar.

Cocok untuk: area mana saja yang ingin dicukur

Bertahan sampai: 1-3 hari

Tips: jika Anda menggunakan pisau cukur sekali pakai, pastikan untuk membasahi area yang akan dicukur terlebih dahulu lalu usapkan sabun atau krim. Gerakkan shaver dengan arah tumbuh bulu. Ganti cukur pisau sesering mungkin.

Efek samping: rambut tumbuh ke dalam, terutama di bagian dekat kemaluan.

Cara Mengcabut Bulu #3: Waxing

Cara kerja: waxing sering digunakan di klinik kecantikan sebagai metode mencabut bulu dengan menempelkan wax pada kulit lalu ditarik setelah kering.

Cocok untuk: area wajah, kaki, lengan, dan sekitar kemaluan.

Bertahan sampai: 3-6 minggu

Tips: lakukan waxing setelah bulu tumbuh paling tidak setengah dari panjang aslinya.

Efek samping: kulit merah dan tumbuh benjolan, terkadang disertai infeksi folikel rambut.

Cara Menghilangkan Bulu #4: Laser

Cara kerja: teknik laser harus dilakukan oleh seorang pakar. Laser merupakan cara yang paling efektif dengan jangka waktu paling lama sebelum bulu tumbuh kembali.

Cocok untuk: bagian mana saja pada tubuh. Efek laser paling menunjukkan hasil jika dilakukan pada perempuan berkulit terang dan berambut hitam. Untuk perempuan berkulit putih dan berambut pirang, metode ini kurang menunjukkan hasil yang signifikan.

Bertahan sampai: 6-12 minggu setelah perawatan bertahan hingga satu tahun lamanya

Efek samping: bengkak dan memerah. Pada kondisi tertentu, laser mengakibatkan luka dan kulit terbakar.

Cara Mencabut Bulu #5: Elektrolisis

Cara kerja: elektrolisis hanya bisa dilakukan oleh pakar kulit. Teknik ini memasukkan jarum kecil ke dalam setiap folikel dan memberikan arus listrik yang dapat merusak akarnya.

Cocok untuk: area dagu dan bagian atas mulut. Para perempuan berkulit putih dan berambut pirang disarankan menggunakan metode ini karena efeknya lebih terlihat ketimbang dengan laser.

Bertahan sampai: 2 minggu

Efek samping: kulit kemerahan, bengkak dan terluka

Cara Mencabut Bulu #6: Krim yang dijual bebas

Cara kerja: krim penghilang bulu mengandung bahan yang dapat menghilangkan protein penumbuh bulu

Cocok untuk: area kaki, ketiak, dan sekitar kemaluan. Ada beberapa krim yang diformulasikan khusus untuk wajah.

Bertahan sampai: beberapa hari hingga beberapa minggu.

Efek samping: selain menghilangkan protein, krim yang menempel terlalu lama di kulit bisa membuat kulit iritasi.

Cara Menghilangkan Bulu #7: Pil Hormon

Kadang-kadang menopause maupun kondisi PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik) dapat menyebabkan pertumbuhan bulu yang lebih banyak. Dalam kasus tersebut, dokter akan menyarankan obat seperti pil KB untuk menurunkan jumlah hormon yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Read More