Category Hidup Sehat

Inilah Alasan Mengapa Ginseng Dapat Dijadikan Obat Kuat Alami

Inilah Alasan Mengapa Ginseng Dapat Dijadikan Obat Kuat Alami

Ginseng yang memiliki akar terang dan banyak cabang ini dipercaya mampu meningkatkan stamina secara alami, baik jenis ginseng Amerika (Panax quinquefolius, L.) maupun ginseng Asia (Panax ginseng). Ginseng telah terkenal dapat dijadikan obat kuat alami. Meskipun bentuk suplemen ginseng telah banyak diproduksi, namun cara diseduh seperti membuat teh juga masih banyak dilakukan. 

Ginseng mampu meningkatkan energi

Mengonsumsi ginseng ternyata mampu mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi. Sebuah studi di China menunjukkan, kandungan polisakarida dan oligopeptida pada ginseng berpengaruh dalam mencegah stres oksidatif dan meningkatkan fungsi otot. Stres oksidatif diakibatkan paparan radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh. 

Tak hanya pada orang sehat, ginseng ternyata juga mampu mengurangi kelelahan pada pasien dengan penyakit tertentu, Akan tetapi, tetap perhatikan interaksi obat dan makanan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan saat ingin mengonsumsi ginseng. Selain itu, konsumsi ginseng juga terbukti mengurangi kelelahan mental dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi ginseng sama sekali.

Berdasarkan Journal Korean Medical Science,  sebanyak 155 penelitian menunjukkan bahwa suplemen ginseng mampu meningkatkan aktivitas fisik. 

Ginseng membantu memperbaiki gangguan ereksi

Kebanyakan para pria mengonsumsi ginseng dengan tujuan meningkatkan kemampuan seksual dan memperbaiki gangguan reproduksi seperti disfungsi ereksi. Berdasarkan studi yang dilakukan peneliti di Korea, sebanyak 60% pria yang mengonsumsi ginseng merasa keluhan akibat disfungsi ereksinya berkurang. Ginseng yang digunakan yaitu ginseng merah khas Korea. 

Studi lain membuktikan, puluhan pria mengaku mengalami peningkatan fungsi ereksi secara signifikan. Tak hanya itu, mereka juga merasakan kepuasan seksual setelah mengonsumsi 1000 mg ekstrak ginseng selama 8 minggu.  

Akan tetapi, masih diperlukan studi lanjutan untuk memastikan manfaat ginseng bagi penderita disfungsi ereksi maupun khasiatnya dalam kepuasan seksual para pria.  

Ginseng memperkuat imun tubuh

Sistem imun yang baik mencegah infeksi penyakit sehingga stamina tubuh akan membaik. Untuk mengetahui pengaruh ginseng terhadap sistem imun, sebuah uji dilakukan pada pasien kanker yang sedang menjalani operasi dan pengobatan kemoterapi. Hasilnya, terdapat perbaikan imun secara signifikan, bahkan beberapa gejala penyakit terbukti berkurang. 

Konsumsi ginseng juga dapat meningkatkan respon sistem imun saat vaksinasi. Jenis vaksinasi yang dilakukan yaitu vaksin influenza. Tentunya khasiat ginseng akan dirasakan jika konsumsi dilakukan secara rutin dalam jangka waktu panjang.

Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek ginseng dalam meningkatkan sistem imun pada orang sehat. 

Interaksi dengan obat-obatan tertentu

Dokter tidak menyarankan mengonsumsi ginseng bersamaan dengan obat antidepresan karena akan menyebabkan episode manik dan tremor. Episode manik merupakan kondisi dimana mood seseorang meningkat dengan tak wajar, biasanya terjadi pada pasien bipolar. 

Obat pengencer darah seperti warfarin atau aspirin yang dikonsumsi bersamaan dengan ginseng akan meningkatkan risiko pendarahan berlebih. 

Campuran ginseng dengan minuman berkafein seperti kopi, teh, atau coklat perlu diwaspadai sebab akan menghilangkan efek penghilang rasa sakit saat menggunakan morfin. Padahal morfin sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa sakit tingkat sedang sampai parah pada penderita kanker atau saat seseorang terkena serangan jantung. Ginseng dan kafein juga berisiko mempercepat detak jantung, meningkatkan produksi keringat, dan insomnia. 

Selain itu, ginseng juga mampu memengaruhi tekanan darah penderita diabetes serta penyakit jantung karena bisa menghambat kinerja obat nifedipine. Sebaiknya hindari konsumsi ginseng bersamaan dengan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Read More

Pipi Tembem? Ini Latihan yang Membuat Menjadi Lebih Tirus

Pipi tembeb sering kali membuat orang tidak percaya diri. Banyak cara yang biasa mereka lakukan untuk membuat pipi menjadi lebih tirus. Pasalnya, area wajah merupakan hal yang pertama kali terlihat oleh orang. Bahkan pada beberapa orang, kenaikan berat bada sering kali langsung terlihat dari pipinya. 

pipi tembem

Banyak faktor yang menyebabkan pipi terlihat lebih tembam, salah satunya faktor genetik. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengubah pipi Anda menjadi lebih kecil. 

  1. Gerakan bebek

Anda dapat memulai dengan melatih otot muka dan sentral pipi. Dengan cara, kerutkan bibir Anda dan buka serta tutup mulut Anda. Lakukan seperti pose duck face. Pastikan Anda mendorong bibir ke luar dan menegangkan wajah agar otot-otot tersebut bekerja. Ulangi hal tersebut hingga 15 kali setiap kali latihan. Anda bisa terus mengulangi hingga mencapai bentuk pipi yang diinginkan. 

  1. Setengah cringe

Seperti Namanya, bayangkan sesuatu yang benar-benar membuat Anda ngeri. Dorong salah satu bagian satu sudut mulut Anda ke belakang sambil menegangkan otot-otot di leher Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut dengan benar maka Anda dapat melihat garis-garis di leher Anda pada cermin. Ulangi hal tersebut 15 kali setiap sesianya. 

  1. Bentuk wajah ikan

Hampir semua orang tahu dan bisa membuat bentuk wajah lucu ini. Isap pipi dan kerutkan bibir Anda. Kemudian, miringkan kepala ke belakang dan melihat ke langit-langit dengan dagu Anda untuk perenggangan ekstra pada leher dan dagu. Tahan selama 10 detik dan ulangi 15 kali setiap sesinya. 

  1. Cheeckbone sculptor

Tulang pipi yang tinggi akan memberikan definisi yang lebih pada wajah tembem Anda, sehingga membuat pipi terlihat lebih tirus atau tegas. Lakukan hal ini dengan cara, buka mulut Anda menjadi seperti sedang senyum berbentuk oval, namun dengan bibir menutupi gigi. Dekatkan jari ke tulang pipi, dan dorong ke atas untuk mengencangkan wajah secara instan. Tahan selama 5 detik dan lakukan 10-15 kali setiap sesinya. 

  1. Mata menutup

Percaya atau tidak, hanya dengan menutup mata Anda bisa membantu membakar lemak yang ada di pipi. Jadi tutuplah mata Anda sekuat mungkin dan kencangkan wajah Anda saat melakukannya untuk merasakan ketegangan pada wajah dan pipi tembem Anda. Lakukan hal ini dan tahan selama 3 detik, serta lakukan 15 kali. 

  1. Chin up

Tidak hanya tubuh saja yang bisa melakukan push up, tetapi dagu Anda pun bia melakukannya. Caranya., dorong bibir bagian bawah ke atas melewati bibir bagian atas, dan angkat dagu setinggi mungkin setiap kali melakukan ini. Ulangi hingga 15 kali setiap harinya. 

  1. Cium ke samping

Cara lain untuk mengatasi pipi tembeb adalah dengan melakukan gerakan cium ke samping. Kerutkan bibir Anda sebanyak yang Anda bisa dan gerakkan bibir Anda dari kiri ke kanan. Pastikan bibir Anda bisa mencapai sisi sejauh yang Anda bisa. Ualngi hal tersebut selama 15 kali setiap harinya. 

  1. Peregangan rahang

Hal ini tidak hanya dilakukan untuk membuat peregangan saja, namun juga dapat membakar lemak pada pipi secara efektif. Dorong lidah Anda ke bagian bekang gigi depan bawah dan buka rahang selebar yang Anda bisa. Lakukan hal ini selama 15 kali setiap sesianya. 

Lakukan latihan ini sebagai rutinitas Anda dalam membentuk pipi tembem enjadi lebih tegas dan tirus. Jangan lupa juga untuk menjalani gaya hidup yang sehat. 

Read More

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Merupakan jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut di wajah dan isi didalamnya adalah nanah disebut dengan jerawat batu. Dalam kebanyakan kasus, jerawat ini akan menimbulkan bekas berupa luka parut, kemerahan dan lubang di wajah yang sulit hilang. Penyebab jerawat batu ini beragam dan hanya bisa diatasi dengan obat jerawat batu.

jerawat batu

Jerawat batu serng kali muncul ketika siklus menstruasi perempuan semakin mendekat, perempuan ibu hamil, perempuan di masa menopause dan yang mengalami polycystic ovary syndrome. Perempuan dalam kondisi tersebut membuat perempan rentan terkena jerawat batu, meskipun jerawat ini tak hanya menyerang perempuan saja.

Obat Jerawat Batu Bahan Alami

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan ternyata merupakan obat alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Untuk menggunakan kentang bisa melakukan langkah berikut, potong tipis satu buah kentang yang sudah dikupas, kemudian letakkan potongan di area yang terdapat jerawat batu,  diamkan 10 menit, lalu bilas bersih.

  1. Es Batu

Es batu bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit, cara mengobatinya bisa dalam semalam. Gunakan kain sebagai wadah beberapa es batu, lalu tempelkan selama beberapa menit pada area yang berjerawat. Ulangi cara ini hingga kemerahan pada kulit menghilang dan pastikan untuk tidak menekan terlalu kencang.

  1. Kunyit, Jeruk Nipis dan Madu

Kombinasi ketiga bahan ini juga sangat ampuh dalam mengatasi jerawat baru, cara yang harus dilakukan juga mudah. Haluskan kunyit secukupnya, tambahkan jeruk nipis dan madu. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata membentuk seperti pasta, setelah itu pakai pasta hasil ketiga bahan tadi sebagai masker, diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Putih Telur

Cara mengobati jerawat batu dengan menggunakan putih telur juga cukup mudah, di samping putih telur yang sangat ampuh karena mengandung enzim lysonzim di dalamnya. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya, lalu tambahkan air perasan lemon dan oleskan kedua campuran ini pada area wajah jerawat batu, setelah itu diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih ampuh dijadikan sebagai obat jerawat karena memiliki reaksi yang cepat, salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan zat sulfur yang dipercaya mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Cukup tempelkan potongan bawang putih pada jerawat batu di wajah, diamkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan.

  1. Kulit Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan yang kaya akan manfaat kesehatan, termasuk pada kulitnya. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat batu di wajah, keringkan kulit jeruk dengan cara dijemur lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air, oles campuran bahan ini pada wajah hingga membentuk masker, tunggu 15 menit lalu bilas.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ampuh dijadikan sebagai obat jerawat batu alami untuk mengatasi jerawat termasuk membasmi bakteri yang merupakan penyebab jerawat batu di wajah. Cara yang harus dilakukan pun sangat mudah, cukup menempelkan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua bagian, tunggu 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Perlu diketahui, sangat disarankan untuk tidak memencet jerawat batu dalam proses pengobatan yang dilakukan. Terlepas dari itu, kebiasaan memencet wajah justru meningkatkan risiko munculnya peradangan sehingga dapat menghasilkan pigmen baru yang membuat warna kulit lebih gelap.

Read More
Berapakah Jumlah Gigi Orang Dewasa Seharusnya?

Berapakah Jumlah Gigi Orang Dewasa Seharusnya?

Peranan gigi itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Gigi berfungsi untuk membantu orang berbicara, mengunyah, dan menelan makanan. Bayangkan, jika tidak ada gigi, maka aktivitas tersebut tidak dapat dilakukan dengan lancar. Kira-kira, berapa ya jumlah gigi orang dewasa yang normal? Seperti apa pula susunannya? Berikut ini penjelasannya.

Berapa sih jumlah gigi orang dewasa seharusnya?

Umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi, yang terdiri atas 16 gigi bawah dan 16 gigi atas. Setiap 1 baris gigi, mencakup:

  • 4 buah gigi seri, di bagian tengah depan mulut.
  • 2 buah gigi taring, masing-masing satu yang terletak di kedua sisi gigi seri.
  • 2 buah gigi premolar dan 3 buah gigi molar di belakang, masing-masing ada lima di setiap sisi.

Sayangnya, tidak selalu jumlah gigi orang dewasa berjumlah 32 buah, sebab mungkin saja tidak memiliki gigi geraham ketiga atau gigi bungsu di rahang mereka. 

Jika orang dewasa memang memiliki gigi bungsu, maka gigi tersebut cenderung mulai tumbuh saat berusia sekitar 18 tahun. Jika gigi bungsu Anda tidak muncul dengan benar atau mengalami infeksi, kemungkinan besar dokter gigi Anda harus mencabutnya.

Memahami anatomi gigi

Gigi terbuat dari kalsium, yang merupakan bahan yang sama dengan penyusun tulang. Gigi susu pertama kali tumbuh saat bayi berusia 6 bulan, tetapi bisa lebih cepat atau lebih lambat (maksimal 1 tahun). Anak-anak cenderung memiliki semua gigi susunya pada usia 3 tahun.

Setiap gigi memiliki dua bagian, yaitu mahkota dan akar. Mahkota adalah bagian putih dari gigi yang dapat dilihat, sedangkan akarnya adalah bagian gigi yang tidak dapat dilihat atau tersembunyi di dalam gusi. Akar inilah yang menancapkan gigi ke tulang rahang.

Gigi tersusun atas lapisan-lapisan, yaitu enamel, dentin, sementum, dan pulpa gigi.

  • Enamel.

Enamel adalah lapisan yang menutupi mahkota atau bagian terluar gigi. Perannya adalah melindungi gigi dari cedera fisik dan kimiawi. 

  • Dentin.

Dentin adalah bagian utama dari jaringan gigi yang strukturnya mirip dengan tulang. Dentin dibentuk oleh sel odontoblas, mirip dengan sel osteoblas pada tulang. Bedanya, dentin tidak punya pembuluh darah.

  • Semen.

Sementum adalah jaringan yang menutupi permukaan akar gigi. Fungsi utamanya untuk menopang dan memperbaiki gigi di tulang rahang.

  • Pulpa gigi.

Pulpa gigi terdapat di bagian tengah gigi, yang tersusun atas jaringan lepas, antara lain saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat.

Jika ada bakteri yang berhasil melewati bagian enamel dan dentin, maka pulpa gigi akan meradang sebagai upaya pertahanan gigi. Peradangan pulpa ini bisa menyebabkan pulpitis yang sangat menyakitkan.

Selain bagian gigi di atas, gigi juga dibedakan atas 4 jenis, yaitu:

  1. Gigi seri atau gigi depan, untuk memotong makanan menjadi lebih kecil.
  2. Gigi taring, untuk memotong dan merobek makanan, serta memastikan baris gigi atas dan gigi bawah tidak bentrok.
  3. Premolar, untuk menghancurkan dan menggiling makanan.
  4. Molar, untuk menumbuk makanan hingga siap untuk ditelan.

Jumlah masing-masing jenis gigi

Jumlah gigi orang dewasa adalah 32 buah, yaitu 16 di bagian atas dan 16 di bagian bawah. Jumlah ini sesuai dengan total masing-masing jenis gigi, yaitu:

  1. Gigi seri 8 buah, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.
  2. Gigi taring 4 buah, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah.
  3. Premolar 8 buah, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.
  4. Geraham 12 buah, 6 di rahang atas dan 6 di rahang bawah.

Jadi, jumlah gigi orang dewasa seharusnya adalah 32 buah. Nah, setelah mengetahui hal ini, cobalah perhatikan dan hitung jumlah gigi Anda, apakah jumlahnya sama atau berbeda? Jika berbeda, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi untuk memastikan kondisi kesehatan gigi Anda. 

Read More

Manfaat Serta Risiko Olahraga High Impact yang Sebaiknya Anda Ketahui

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Menu olahraga dapat Anda sesuaikan tergantung kebutuhan tubuh serta tujuan Anda berolahraga. Misalnya olahraga untuk ibu hamil tentu saja berbeda dengan olahraga untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga sendiri terbagi menjadi olahraga high impact dan low impact.

olahraga high impact

Olahraga high impact  adalah jenis olahraga yang gerakannya didominasi lompatan dan hentakan. Olahraga high impact akan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dibandingkan olahraga low iimpact. Berikut ini merupakan manfaat serta risiko yang mungkin muncul karena melakukan olahraga high impact.

Manfaat olahraga high impact

Terdapat beberapa jenis olahraga high impact yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah lari, jumping jack, dan squat. Olahraga high impact memiliki manfaat bagi tubuh, lho! Berikut beberapa manfaat olahraga high impact tersebut. 

  1. Menurunkan berat badan 

Manfaat pertama olahraga high impact adalah untuk menurunkan berat badan secara cepat. Ketika Anda melakukan olahraga high impact, maka kalori dan energi yang terbakar lebih banyak ketimbang ketika Anda hanya melakukan olahraga loow impact. 

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat oalhraga high impact yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kepadatan tulang. Tulang akan menguat seiring seringnya Anda melakukan olahraga high impact. Akan tetapi, olahraga ini sebaiknya dihindari jika Anda sudah berusia lanjut. Sebab tulang tidak akan semakin padat, malah akan menimbulkan risiko terjadinya cedera. 

  1. Berpengaruh pada performa tubuh

Berolahraga high impact bisa membuat performa tubuh Anda berada pada posisi terbaiknya. Olahraga high impact dapat mengoptimalkan koordinasi, keseimbangan, dan kestabilan tubuh. Akan tetapi, olahraga high impact bukanlah jenis olahraga untuk pemula. 

  1. Membantu atlet 

Olahraga high impact memang biasanya dilakukan oleh para atlet yang sudah profesional. Olahraga high impact dapat membantu para atlet untuk mempersiapkan tubuh sebelum kompetisi. Beberapa jenis olahraga seperti maraton dan tinju sangat efektif menggunakan olahraga high impact untuk training sebelum kompetisi. 

  1. Memperkuat organ tubuh

Manfaat lain dari olahraga high impact adalah dapat memperkuat organ tubuh Anda. Paru-paru dan jantung akan menjadi lebih optimal bekerja serta lebih sehat ketika Anda melakukan olahraga high impact ini. 

Risiko olahraga high impact 

Selain memiliki manfaat, olahraga high impact juga bisa menimbulkan risiko tersendiri bagi tubuh. Beberapa risiko yang mungkin muncul adalah seperti berikut ini. 

  1. Stress Fracture

Risiko yang mungkin muncul ketika Anda sering berolahraga high impact yaitu stress facture. Jenis olahraga yang berisiko membuat Anda mengalami stress facture adalah basket atau lari. Sress fracture adalah retakan kecil pada tulang ketika otot bekerja secara berlebihan. Otot yang bekerja berlebih akhirnya membuat kaki tidak memiliki kekuatan ketika hentakan terjadi. Jika Anda mengalami stress fracture, sebaiknya Anda menghubungi dokter sebab bisa saja muncul indikasi patah tulang. 

  1. Cedera

Selain stress fracture, terdapat pula risiko lain dari olahraga high impact yaitu cedera. Kondisi cedera yang biasa terjadi adalah Illiotibial Band Syndrome (ITBS). Ketika cereda ITBS terjadi, tendon yang menghubungkan lutut ke pinggul mengalami peradangan. ITBS akan menyebabkan rasa nyeri menusuk pada bagian luar lutut. 

  1. Nyeri lutut

Olahraga high impact dapat menimbulkan risiko nyeri terutama pada bagian lutut. Hal tersebut karena lutut menahan beban tubuh terus menerus ketika Anda melakukan olahraga high impact. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengurangi olahraga jenis high impact.

Apabila Anda rutin melakukan olahraga high impact, maka Anda harus menyeimbangkan pola hidup yang lain seperti makan dan tidur. Konsumsi makanan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Selain itu tidur secara teratur dan berkualitas menjadi sangat penting untuk kebugaran tubuh. Kedua hal tersebut membantu tubuh Anda tetap bugar dan sehat sehingga risiko olahraga high impact dapat diperkecil. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapat saran tentang jenis olahraga apa yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Read More

Laporan Muncul Kembali Infeksi Bubonic Plague di Tiongkok, Seberapa Bahayanya Sekarang?

Tahukah Anda bahwa jauh sekitar abad 14, terjadi pandemi Black Death yang disebut-sebut pandemi terparah dan paling mematikan sepanjang sejarah manusia? perkiraan korban jiwa berkisar antara 75-200 juta jiwa dalam waktu empat tahun.

bubonic plague

Pada bulan Juli 2020 lalu, berita mengenai infeksi bubonic plague, penyebab pandemi Black Death,dilaporkan kembali muncul di di Tiongkok.

Mengingat bahwa pandemi Black Death terjadi di abad 14, tentu dunia medis telah melakukan banyak kemajuan dalam hal penelitian, baik itu pengobatan maupun pencegahan untuk menangani infeksi ini.  Diketahui bahwa terdapat antibiotik khusus yang dibuat untuk menangkal bakteri Yersinia pestis, penyebab infeksi bubonic plague ini.

Seperti apa sebenarnya infeksi bubonic plague itu terjadi?

Laporan mengenai munculnya kembali infeksi bubonic plague pertama kali muncul dari seorang peternak di Bayannur, sebuah prefektur di daerah Mongolia, Tiongkok. Sejak pelaporan tersebut pada tanggal 5 Juli 2020, otoritas kesehatan setempat seketika mengumumkan status waspada level 3. Warga tidak diperkenankan untuk melakukan perburuan, mengonsumsi, dan atau mengirim hewan yang berisiko menularkan penyakit ini. Hewan yang dimaksud, antara lain tikus, tupai, dan kelinci.

Seseorang yang mendapat gigitan atau terkena cakaran, dan berkontak langsung dengan jaringan atau cairan dari hewan terinfeksi bakteri Y. pestis, umumnya akan menunjukkan gejala Black Death, seperti:

  • Demam
  • Muntah
  • Mengalami gagal organ
  • Adanya luka terbuka
  • Pendarahan

Risiko terkena infeksi bakteri tersebut dapat menimbulkan sepsis, bahkan pneumonia ketika bakteri mengenai paru-paru.

Risiko Pandemi Black Death

Ketika laporan mengenai munculnya kembali infeksi bubonic plague di Tiongkok, muncul pertanyaan apakah pandemi Black Death akan terulang, mengingat bahwa bakteri yang ditemukan sama dengan penyebab pandemi tersebut?

Diketahui bahwa kemungkinannya cukup kecil. Walaupun memang, setiap tahun terdapat laporan dari beberapa negara di dunia mengenai infeksi ini, seperti dari Afrika, India, dan Peru, namun risiko penularan infeksi untuk terulang menjadi pandemi Black Death dikatakan cukup kecil. Meskipun begitu, risiko penularan tetap tidak dapat dianggap enteng. Manusia perlu waspada dengan tidak menyentuh hewan pembawa bakteri bubonic plague ini.

Diketahui bahwa bakteri Y. pestis dapat mati jika terkena sinar matahari dan hanya dapat bertahan sekitar satu jam di udara. Di samping itu, bubonic plague juga tidak ditularkan antarmanusia.

Siaga menghadapi infeksi bakteri bubonic plague

Dunia medis masa kini telah dibekali dengan pengetahuan yang maju, termasuk metode pengobatan bagi pasien terinfeksi bubonic plague menggunakan antibiotik. Peran antibiotik dapat menghambat infeksi bakteri dalam tubuh agar tidak bertambah parah. Selain itu, CDC juga menegaskan bahwa penanganan dini secara tepat, seperti dengan perawatan menggunakan cairan infus, oksigen, alat bantu pernapasan, dan obat-obatan, untuk mengatasi infeksi bubonic plague telah dapat menurunkan angka kematian hingga 11%.

Antibiotik juga dikatakan dapat diberikan sebagai pencegahan untuk orang yang belum terinfeksi bakteri Y. pestis, namun pernah menyentuh hewan pembawa.

Secara kesimpulan, adanya laporan munculnya kembali bubonic plague bukan semata-mata peringatan alami pandemic Black Death akan terulang. Dunia medis akan lebih siap jika memang situasi ini tidak dapat dihindari lagi.

Read More

8 Fungsi Kuku Manusia yang Sebaiknya Anda Ketahui

Semua bagian tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing tak terkecuali kuku tangan dan kaki. Kuku tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki. Pertumbuhan kuku manusia terjadi secara perlahan sehingga membutuhkan waktu cukup lama. Hewan juga memiliki kuku sebagai salah satu bagian dari tubuhnya. Berbeda dengan kuku hewan, fungsi kuku manusia ternyata sangat beragam, lho! Berikut merupakann 8 fungsi kuku manusia yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Melindungi ujung jari

Fungsi kuku manusia yang pertama yaitu sebagai pelindung bagi ujung jari tangan dan kaki. Jaringan lunak pada sekitar tulang ujung jari mudah mengalami cedera. Adanya kuku pada tangan dan kaku dapat membantu melindungi ujung jari-jari Anda.

  • Membantu beraktivitas

Memegang objek menjadi lebih mudah karena adanya kuku tangan. Selain itu, ketika menggenggam sebuah objek dengan erat, kuku tangan memastikan bahwa aliran darah tetap lancar sehingga tidak mengalami kesemutan. Membantu Anda beraktivitas dengan lancar merupakan fungsi kuku manusia.

  • Membentengi jaringan

Untuk kuku kaki, terdapat fungsi membentengi jaringan lunak. Mengapa perlu dilindungi? Hal tersebut dikarenakan jaringan lunak di sekitar kuku padat dengan otot, pembuluh darah, serta daging di bawahnya.

  • Sebagai indikator kesehatan

Fungsi kuku selanjutnya yaitu sebagai indikator kesehatan. Bagian yang sering dicek oleh dokter ketika memeriksa kesehatan seseorang yaitu mata, lidah, serta kuku. Melalui pemeriksaan pada kuku, kondisi seperti syok atau dehidrasi dapat terdeteksi lebih dini. Selain itu, kondisi medis seperti hepatitis, malnutrisi, masalah pada organ dalam dapat dideteksi melalui warna kuku.

  • Membantu gerakan motorik halus

Gerakan motorik halus Anda juga terbantu dengan adanya kuku. Beberapa gerakan motorik halus seperti menggaruk rambut tidak akan mudah jika tidak ada kuku manusia. Dengan adanya kuku tangan, Anda dapat melakukan gerakan dengan lebih lancar dan mudah.

  • Menjaga keseimbangan

Kuku kaki memiliki fungsi tersendiri dibandingkan kuku tangan. Kuku kaki dapat membantu menjaga keseimbangan ketika Anda berjalan atau berlari. Oleh karena itu, Anda sebaiknya senantiasa memperhatikan kesehatan dan kebersihan kuku kaki.

  • Alat sensitivitas tubuh

Kuku manusia dapat menjadi alat sensitivitas tuubuh. Ketika Anda menyentuh objek tertentu, maka dengan adanya kuku jari maka sensitivitas Anda terhadap sentuhan semakin meningkat. Saraf di sekitar kuku akan mengirim sinyak ke otak ketika Anda merasakan objek tertentu.

  • Proteksi dari infeksi

Fungsi kuku lainnya yaitu sebagai proteksi bagi tubuh. Bagaimana bisa, padahal kan kuku hanya bagian kecil dari jari? Proteksi tubuh yang dimaksud yaitu mencegah infeksi virus dan bakteri. Kuku kaki juga dapat memproteksi Anda dari cedera.

  • Melindungi diri

Kuku manusia cukup tajam sehingga dapat digunakan untuk melindungi diri. Anda dapat menggunakan kuku untuk mencakar atau mencabik seseorang ketika dalam keadaan berbahaya. Hal ini memang tidak disarankan, namun ketika sedang terdesak, mencakar menggunakan kuku dapat dijadikan alat untuk melindungi diri.

Anda perlu menjaga kesehatan kuku agar dapat melakukan berbagai fungsinya dengan baik. Menjaga kuku manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, potong kuku dengan teratur menggunakan gunting khusus kuku. Kedua, hindari menggigit kuku. Ketiga, jangan terlalu sering mengaplikasikan cat kuku. Keempat, berikan nutrisi tambahan seperti krim khusus untuk membuat kuku sehat. Terakhir, jaga kebersihan kuku dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Read More

Kutil: Salah Satu Penyakit Kulit Menular yang Berbahaya

Kutil mungkin terdengar sepele, tetapi tahukah Anda jika kutil merupakan salah satu penyekit kulit menular yang berbahaya, bahkan dikatakan bisa memicu kanker pula. Kutil menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman, apalagi jika terjadi di area yang terlihat seperti wajah.

penyakit kulit menular

Tak hanya mengganggu penampilan, kutil yang muncul di wajah atau kepala berisiko terjepit dan bisa mengeluarkan darah. Bahkan, ada beberapa jenis kutil yang akan terasa nyeri bila muncul di kaki dan dipakai berjalan. 

Pertumbuhan kutil umumnya disebabkan oleh infeksi virus HPV. Virus ini bisa masuk lewat luka pada kulit, kemudian menginfeksi lapisan kulit atas tubuh dan tumbuh sangat cepat. Bahkan jika Anda menyentuh orang yang memiliki virus tersebut, maka Anda berisiko ketularan.

Kutil ada banyak macamnya, dan yang narasi di atas tentang kutil yang bisa memicu kanker, berbeda jenis dengan kutil yang bisa sembuh dengan penggunaan obat sederhana. Berikut jenis kutil yang telah dipetakan oleh medis:

  • Kutil Biasa

Kutil biasa bisa disebut juga sebagai veruca vulgaris. Biasanya bentuk kutil ini menonjol di kulit, kasar, dan sebagian ada yang tampak seperti kembang kol. Kutil jenis ini bisa muncul di mana pun. Namun, biasanya kondisi ini paling sering muncul di jari, siku, dan lutut. Biasanya kutil biasa ini sering muncul di area tubuh yang kerap terluka dan terbuka.

  • Kutil Periungual

Kutil periungual yang berukuran kecil tidak menimbulkan nyeri. Tetapi kutil dapat bertumbuh seiring berjalannya waktu. Jika kutil berukuran besar, kutil bisa menimbulkan nyeri. Kutil periungual disebabkan oleh strain human papillomavirus (HPV) tertentu. Namun, ini berbeda dengan HPV yang menyebabkan munculnya kutil pada kelamin dan kanker serviks.

Kutil ini muncul di bawah kuku kaki dan kuku jari tangan. Namun, jangan sampai keliru. Nyatanya, meski tumbuh dengan bentuk yang kecil, kutil sering kali disamakan dengan benjolan lainnya yang muncul di tubuh, seperti jerawat.

  • Plantar Kutil

Kutil plantar atau dikenal juga dengan istilah “mata ikan” memiliki bentuk menjorok ke dalam dan sering menyebabkan rasa sakit ketika ditekan. Kutil jenis ini biasanya tumbuh di bagian bawah kaki atau bisa juga tumbuh ke dalam kulit dan membentuk lubang kecil yang menyakitkan di telapak kaki.

Ini termasuk penyakit kulit menular, meskipun tidak selalu lebih berbahaya daripada kutil biasa. Ciri khas dari kutil ini adalah bentuknya yang pipih dengan bintik hitam di tengahnya serta sering ditemukan di telapak kaki dan telapak tangan.

  • Kutil Filiformis (Veruka filiformis)

Jenis kutil ini memiliki bentuk memanjang, terkadang seperti sikat kecil dan dapat tumbuh di area wajah, kelopak mata, leher, dan ketiak. Selain karena tumbuh dengan cepat, kutil jenis ini sangat mengganggu penampilan. Kutil filiformis memiliki tanda dan gejala seperti, terlihat sebagai jari-jari kecil yang menonjol keluar; muncul di wajah, yaitu di sekitar mulut, kelopak mata, dan hidung; serta dapat tumbuh dengan cepat.

  • Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya semacam daging berwarna kemerahan atau kehitaman di daerah kemaluan atau anus. Terkadang kutil kelamin tampak seperti kembang kol. Kutil kelamin secara medis dikenal dengan nama kondiloma akuminata.

Kondisi ini masuk ke dalam kelompok penyakit kulit menular seksual atau Infeksi Menular Seksual (IMS). Artinya, penyakit ini ditularkan secara seksual. Oleh karena itu sebagian penderita kutil kelamin juga mengalami penyakit menular seksual lainnya. Kutil kelamin dapat meyerang siapa saja, baik wanita maupun pria.

***

Penting bagi Anda untuk mengetahui kutil sebagai jenis penyakit kulit menular. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu tentang jenis kutil ini, jika sewaktu-waktu Anda atau kerabat terkena kutil Anda dapat mengetahui secara pasti jenisnya, termasuk cara penanganannya.

Read More

Begini Gejala Keracunan Obat yang Mesti Diwaspadai

Bukan tidak mungkin bagi seseorang untuk mengalami kejadian yang mengkhawatirkan selama proses pemulihan dari penyakit, seperti keracunan obat. Salah satu konsekuensi dari mengonsumsi terlalu banyak obat, yaitu keracunan obat. Kondisi ini dapat terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja.

Konsumsi obat yang seharusnya dapat mempercepat proses pemulihan pasien, dapat berujung petaka. Pasalnya, keracunan obat tidak hanya mengganggu fungsi kerja tubuh, namun juga dapat berakhir hingga kematian. Meskipun memang, risiko atau efek samping yang disebabkan oleh keracunan obat tersebut bergantung pada dosis dan jenis obat yang dikonsumsi, maupun riwayat kesehatan pasien tersebut.

Gejala keracunan obat yang patut Anda waspadai

Anda perlu waspada jika orang di sekitar Anda, atau bahkan diri Anda sendiri mengalami gejala keracunan obat seperti yang disebutkan berikut:

  • Halusinasi
  • Kejang
  • Tremor
  • Pupil mata yang membesar
  • Mual dan muntah
  • Hilangnya kesadaran
  • Kesulitan bernapas atau berjalan
  • Bertindak agresif secara tiba-tiba
  • Perasaan gelisah
  • Mengantuk

Penangan medis yang cepat dan tepat terhadap gejala keracunan obat yang dialami, dapat mengurangi risiko komplikasi kesehatan lebih serius.

Apakah terdapat penyebab khusus keracunan obat?

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa keracunan obat dapat terjadi baik disengaja, maupun tidak. Pada kenyataannya, terdapat beberapa penyebab khusus yang meningkatkan risiko seseorang mengalami keracunan obat, seperti:

  • Kesehatan mental yang terganggu

Salah satu penyebab risiko keracunan obat, antara lain kesehatan mental pasien yang terganggu. Seseorang yang mengalami tekanan hingga depresi, bahkan sering kali memikirkan untuk bunuh diri, rentan untuk menyalahgunakan obat yang diresepkan padanya. Belum lagi, jika masalah kesehatan mental tersebut tidak diatasi dengan baik.

  • Konsumsi obat yang tidak sesuai dengan dosis

Mengonsumsi obat dengan dosis yang tidak sesuai dengan aturan atau resep dokter dapat meningkatkan risiko keracunan obat. Kemungkinan ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Obat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis, tidak akan membantu penyembuhan, malah sebaliknya dapat membahayakan kesehatan pasien.

  • Penyimpanan obat yang tidak sesuai aturan

Salah satu penyebab keracunan obat yang umumnya terjadi, yaitu penyimpanan obat yang salah. Kemungkinan ini dapat terjadi jika obat tidak pada tempat yang seharusnya dan berada dalam jangkauan anak-anak. Tentunya, hal ini dapat membahayakan anak-anak itu sendiri, terutama kelompok anak yang masih berada dalam fase oral, yang kerap kali memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Tidak heran, jika kelompok usia anak menjadi korban keracunan obat yang paling rentan.

  • Adanya riwayat kecanduan

Bagi orang dengan Riwayat kecanduan obat, seperti korban penyalahgunaan obat, berisiko mengalami keracunan obat. Hal ini akan bertambah parah, ketika pasien tersebut mengonsumsi lebih dari satu jenis obat yang memiliki sifat psikedelik atau mengonsumsi obat bersamaan dengan alkohol.

Penting bagi Anda untuk benar-benar mengikuti anjuran dan instruksi dari dokter mengenai penggunaan obat yang diresepkan. Selain itu, jika memang Anda mengonsumsi beberapa jenis obat secara bersamaan, diskusikan pula kondisi ini dengan dokter. Pasalnya, tidak semua obat dapat bekerja secara berdampingan. Jika tidak, hal tersebut kemungkinan besar dapat berujung pada keracunan obat.

Read More

Cara Mengatasi Gigi Goyang agar Tidak Copot

Faktanya gigi goyang tidak harus berujung dengan pencabutan gigi. Apalagi, jika yang goyang adalah gigi permanen yang sudah pasti tidak akan ada penggantinya lagi. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia berbagai cara untuk mengatasi gigi goyang, untuk mempertahankan keutuhan gigi selama mungkin. Alasan mengapa gigi sebisa mungkin harus dipertahakan adalah saat ada satu gigi yang hilang dari rahang, maka bukan hanya dari segi estetika yang tertanggu, tapi juga keseimbangan di dalam rongga mulut.

Ketika gigi yang ompong tidak digantikan dengan gigi palsu, gigi-gigi di sebelahnya bisa tergeser, membuat susunan gigi menjadi berantakan. Apalagi jika yang cocot adalah gigi geraham. Tentu, Anda akan kesulitan untuk mengunyah dan jika dibiarkan, kondisi ini bisa berujung pada gangguan rahang. Berikut ini beberapa cara mengatasi gigi goyang yang tepat menurut dokter gigi.

  • Scaling gigi

Terjadinya penumpukan pada karang gigi adalah salah satu alasan utama terjadinya gigi goyang pada orang dewasa. hal ini dikarenakan karang gigi bisa menekan gusi ke bawah, membuat pegangan untuk gigi menjadi berkurang, dan akhirnya terjadi gigi goyang. Prosedur pembersihan karang gigi atau scaling gigi bisa mengatasi hal ini. Setelah scaling, gigi tidak akan langsung kembali rekat ke gusi. Namun, akan perlahan-lahan dan biasanya dalam waktu beberapa minggu, kegoyangan gigi akan berkurang hingga akhirnya bisa kembali rekat dengan gusi.

  • Splinting gigi

Splinting gigi adalah prosedur mengikat gigi goyang ke gigi sebelahnya yang masih kuat. Cara ini bisa dilakukan jika gigi masih memiliki pegangan ke gusi dan tulang rahang, walaupun hanya sedikit. Pada prosedur ini gigi yang goyang bisa diikat menggunakan kawat tipis yang memang digunakan khusus untuk prosedur ini. Bahan ikat menggunakan fiber atau serat-serat khusus juga saat ini sudah bisa dilakukan dan bisa memberikan estetika yang lebih baik.

  • Operasi gigi

Kondisi seperti radang gusi (gingivitis) serta radang pendukung jaringan gigi (periodontitis) bisa menyebabkan gigi menjadi goyang. Oleh karena itu, untuk mengatasi peradangan gigi ini, dokter biasanya akan melakukan scaling dan root planning, serta operasi untuk menghilangkan jaringan yang rusak karena radang. Operasi dilakukan dengan membuka sedikit jaringan gusi, dokter gigi juga akan membersihkan bagian dalam gigi yang tadinya tertutup oleh gusi sekaligu membuang jaringan gusi yang rusak. Setelah operasi selesai, dokter gigi akan menjahit gusi sesuai posisi yang baik, sehingga gigi tidak goyang lagi.

  • Cangkok tulang

Prosedur cangkok tulang atau bone graft bisa dilakukan untuk mengatasi gigi yang goyang karena terkikisnya tulang alveolar. Tulang alveolar adalah tulang yang menjadi tempat menancapnya gigi. Tulang tersebut bisa terkikis karena berbagai hal, terutama karena radang jaringan pendukung gigi dan karang gigi yang menumpuk. Saat melakukan prosedur ini, dokter gigi akan mengambil tulang dari bagian tubuh Anda yang lain dan menempatkannya dengan teknik khusus di rahang, sebagai pengganti tulang alveolar yang terkikis.

  • Pengobatan infeksi gigi

Pada kondisi radang gusi ataupun radang jaringan pendukung gigi, selain scaling dan operasi, dokter biasanya juga akan meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi secara tuntas. Obat yang diberikan bisa berupa obat minum ataupun obat kumur.

Read More