Category Hidup Sehat

Prestasi dan Pelayanan Rumah Sakit Premier Surabaya

Rumah Sakit Premier Surabaya adalah sebuah rumah sakit swasta yang berada di bawah naungan Ramsay Sime Darby Health Care group. Rumah sakit ini mulai beroperasi pada tanggal 16 Maret 1998 dan terletak di kawasan timur kota Surabaya. Sebagai bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care group, rumah sakit ini memiliki falsafahnya sendiri dalam melayani pasiennya, yaitu “people caring for people”. Dikembangkan selama lebih dari 25 tahun, falsafah tersebut bukan hanya sebuah slogan biasa, namun menjadi acuan operasional sehari-hari rumah sakit tersebut. Adapun artinya, perawatan yang diberikan oleh Rumah Sakit Premier Surabaya berfokus pada pasiennya. Perawatan tersebut penuh dengan kasih sayang, serta disediakan oleh para staf dan tenaga medis yang memiliki dedikasi serta komitmen yang tinggi, dengan tujuan untuk terus bekerja agar mendapatkan hasil yang tepat bagi para pelanggan dan pasien setia mereka.

Komitmen untuk memberikan pelayanan bagi pasiennya dibuktikan oleh Rumah Sakit Premier Surabaya dengan didapatkannya beberapa prestasi dan pencapaian. Seperti pada tanggal 6 Maret 2013, Rumah Sakit Premier Surabaya berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari JCI, atau Joint Commision International, pertama di wilayah Indonesia Bagian Timur. Selain itu, dari akreditasi ulang pada bulan Mei tahun 2016, Rumah Sakit Premier Surabaya dianggap tetap valid. Selain pencapaian akreditasi internasional tersebut, Rumah Sakit Premier Surabaya juga mendapatkan akreditasi dengan predikat Paripurna, yang mana merupakan predikat tertinggi, dari Komite Akredirasi Rumah Sakit, atau biasa disingkat KARS, Indonesia pada tanggal 18 maret 2014. Prestasi dan pencapaian yang dimiliki pun tidak berhenti sampai di situ saja, mengingat sejak tahun 2001, Rumah Sakit Premier Surabaya mendapatkan Audit Program Infection Control dari Healthcare Infection Control Management Research (HICMR) dari Australia. Apa rahasia Rumah Sakit Premier Surabaya dalam mendapatkan beragam prestasi dan pencapaian tersebut? Rahasia mereka ada pada:

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

Rumah Sakit Premier Surabay menganggap Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai hal yang sangat penting karena sifatnya sebagai sumber daya utama pelayanan medis dan jasa kesehatan. Untuk itu, Rumah Sakit Premier Surabaya terus berupaya dalam meningkatkan SDM yang dimilikinya, dengan terus meningkatkan keahlian dan kemampuan melalui pelatihan dan juga pendidikan yang berkesinambungan.

  • Dokter Spesialis

Rumah Sakit Premier Surabaya memiliki dokter-dokter spesialis yang sudah mendapatkan akreditasi Medical Advisory Committee. Akreditasi ini memiliki arti bahwa dokter-dokter yang bekerja di Rumah Sakit Premier Surabaya telah mendapatkan pengakuan dari Direksi rumah sakit dan diterima para kolega mereka. Selain itu, dokter-dokter spesialis tersebut juga memiliki prestasi di bidangnya masing-masing. Dokter-dokter tersebut juga sudah berpengalaman. Tidak tanggung-tanggung, banyak dari mereka memiliki pengalaman internasional, seperti dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan negara-negara Eropa lainnya.

  • Staf Keperawatan

Agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik, kualitas staf keperawatan di Rumah Sakit Premier Surabaya telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan. Hal ini dibuktikan dari Australian Nursing Advisor yang membantu memberikan saran dan masukan dalam perekrutan tenaga perawat agar seleksi yang dilakukan berjalan dengan baik dan berkualitas. Dengan pendidikan dan pelatihan tersebut, para perawat memiliki kemampuan yang baik, berpengetahuan luas, dan ramah kepada seluruh pasien.

Dengan beragam prestasi, pencapaian, serta didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tersebut, bukan menjadi hal yang mengherankan apabila Rumah Sakit Premier Surabaya terus dipercaya oleh masyarakat Jawa Timur pada umumnya, dan masyarakat Surabaya pada khususnya, dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

Read More

Penyebab Panas Dalam atau Asam Refluks

Anda mungkin pernah konsumsi banyak gorengan, cokelat atau durian dan akhirnya merasakan sakit tenggorokan dalam beberapa jam atau hari berikutnya? Makanan tersebut menjadi salah satu penyebab panas dalam. Sebenarnya tidak ada istilah panas dalam di dunia medis, namun ternyata, ada kemungkinan alasan medis untuk hal ini. Menurut Dr Gan, makanan tersebut sebenarnya adalah makanan yang menyebabkan asam-refluks.

Makanan-makanan tersebut dapat memperburuk kondisi yang sangat umum dikenal sebagai Laryngopharyngeal Reflux (LPR) atau kebanyakan orang menyebutnya panas dalam.

Apa itu Refluks Laryngopharyngeal (LPR)?

LPR adalah kondisi medis di mana isi lambung (asam) telah berpindah dari lambung kembali ke pipa makanan (kerongkongan) dan ke tingkat kotak suara (laring). Yang kebanyakan orang awam sebut sebagai panas dalam.

Mengapa refluks laryngopharyngeal dapat terjadi?

Esofagus (pipa makanan) memiliki 2 otot seperti cincin, satu di bagian atas pipa makanan (sfingter esofagus atas) dan satu di bagian bawah pipa makanan (sfingter esofagus bawah) yang bertindak sebagai penjaga pintu untuk mencegah isi perut Anda kembali menaiki kerongkongan. Pada pasien dengan LPR, kedua sfingter ini lemah atau rileks, sehingga memungkinkan refluks (aliran balik) isi lambung asam ke dalam pipa makanan dan tenggorokan. Berbeda dengan perut, pipa makanan dan kotak suara memiliki mekanisme pertahanan yang lebih lemah untuk melawan asam kuat dari perut. Oleh karena itu, dengan adanya sedikit refluks asam di tenggorokan Anda dapat menyebabkan masalah yang signifikan di tenggorokan Anda.

Cara mengatasi

Pengobatan yang dilakukan ditargetkan untuk mencegah refluks isi lambung kembali ke dalam pipa makanan, dengan cara mengurangi produksi asam dan menyediakan penghalang pelindung terhadap asam di tubuh Anda.

  • Menghindari atau meminimalkan konsumsi makanan penyebab panas dalam atau asam refluks yang dapat memperburuk tenggorokan Anda. Salah satunya seperti makanan berminyak dan pedas, alkohol, cokelat, kopi dan teh, minuman ringan berkarbonasi, buah jeruk (seperti lemon, jeruk), tomat dll.
  • Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil (berhenti makan ketika Anda sadar bahwa perut Anda mulai terasa penuh).
  • Hindari membersihkan tenggorokan Anda dengan cara batuk karena dapat memperburuk peradangan di wilayah kotak suara Anda. Cobalah menelan untuk membersihkan tenggorokan Anda dan buang napas dengan kencang.
  • Menjaga kesehatan vokal Anda dengan baik seperti, menghindari penggunaan suara dalam waktu lama. Sering beristirahat dan mengkonsumsi air untuk menjaga tenggorokan Anda tetap terhidrasi.

Sebagian besar kasus LPR atau panas dalam tidak menyebabkan komplikasi jangka panjang. Namun, dalam beberapa kasus, hal ini dapat memperburuk kualitas suara Anda. LPR yang parah juga dikaitkan dengan memburuknya penyakit asma, sinusitis dan dapat berperan dalam perkembangan kanker kotak suara dan pipa makanan. Bila Anda mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab panas dalam dengan jumlah banyak, merasakan dehidrasi, lemas dan merasa ada yang tidak beres dengan tenggorokan Anda selama lebih dari 3 hari., disarankan untuk segera menemui dokter Anda.

Read More
fakta tumbuh uban

10 Fakta tentang tumbuhnya uban dan cara menyiasatinya

Rambut adalah mahkota wanita. Oleh karena itu, tumbuhnya uban menjadi momok bagi siapa saja karena membuat penampilan jadi berkurang. Biasanya uban ditutupi atau dihilangkan dengan cara mewarnai rambut atau mencabuti uban tersebut. Apa sih sebenarnya yang terjadi ketika rambut kita beruban dan bagaimana agar rambut tetap terjaga keindahannya? Simak fakta-fakta berikut!

  1. Bagaimana uban tumbuh

Folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin – zat yang membuat rambut Anda memiliki warna tertentu. Ketika usia bertambah, sel pigmen pun akan berangsur-angsur mati dan akhirnya warna rambut memudar dan berwarna abu-abu sebelum akhirnya menjadi benar-benar putih.

  • Penyebab rambut beruban

Mungkin Anda menyalahkan pekerjaan dan beban mental yang membuat stress sehingga munculah uban. Tetapi faktor genetik ternyata memiliki peran penting pada tumbuhnya uban. Jika usia masih belia dan uban sudah tumbuh, kemungkinan besar ini adalah faktor genetic yang diturunkan oleh orang tua Anda.

  • Uban berhubungan dengan ras

Ras kulit putih biasanya mengalalmi perubahan warna rambut yang memudar ketika mereka berusia sekitar 35 tahun sedangkan orang Asia rata-rata memiliki uban saat usia mereka mendekati 40 tahun. Bagi orang-orang Afrika, rambut uban biasanya baru muncul setelah mereka berusia 40-an.

  • Uban prematur

Uban prematur adalah uban yang tumbuh sebelum waktunya. Orang berkulit putih bisa mengalami uban prematur sejak usia 20-an. Uban prematur pada orang Asia bisa muncul saat mereka berusia 25 tahun. Sedangkan uban prematur ditemukan pada orang berkulit hitam pada umur 30 tahun.

  • Uban dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan

Uban juga dapat ditemui pada orang-orang dengan kondisi seperti berikut:

  1. Kekurangan vitamin B12
  2. Kondisi kelainan yang jarang, seperti tumor
  3. Penyakit tiroid
  4. Vitiligo – kondisi dimana sel pigmen rusak
  5. Alopecia areata – kondisi dimana rambut di bagian tertentu rontok dan menyebabkan kebotakan.
  • Stress tidak sebabkan tumbuh uban

Stress menyebabkan rambut rontok tiga kali lebih cepat tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa rambut yang tumbuh nantinya akan berwarna abu-abu.

  • Merokok menyebabkan rambut cepat beruban

Merokok tidak hanya mengakibatkan penyakit pada organ tubuh saja tetapi juga memiliki dampak negative pada rambut. Penelitian menunjukkan bahwa perokok memiliki risiko 2,5 kali lebih cepat beruban daripada yang tidak merokok. Selain itu, uban rambut pada seorang perokok bisa berwarna oranye atau kuning.

  • Jangan menyabut uban

Menyabut uban tidak dapat melipat gandakan jumlah uban yang akan tumbuh – seperti mitos yang sering kita dengar. Sebaliknya, menyabut uban dapat merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut baru sehingga lambat laun, mahkota Anda tampak menipis.

  • Rambut beruban tampak kering

Karena kutikula rambut uban lebih kecil, rambut tidak memperoleh asupan nutrisi dan perlindungan yang cukup untuk melawan sinar UV, zat kimia dari pewarna dan sebagainya. Alhasil rambut terasa lebih kering dan kaku

  1. Lebih baik, uban tidak diwarnai

Mewarnai rambut beruban kemungkinan besar akan gagal karena zat kimia susah diserap oleh uban. Lebih baik mengganti gaya rambut atau mengikat rambut dengan bandana agar terlihat rapi.

Read More
fiber untuk redakan masalah pencernaan

Pentingnya Fiber untuk Redakan Masalah Pencernaan

Fiber atau serat adalah asupan yang sangat dianjurkan untuk membantu Anda meredakan segala macam masalah pencernaan. Hal ini penting sebab fiber dapat membantu menormalkan waktu transit atau kecepatan gerak makanan melalui saluran pencernaan.

Peran Fiber dalam Mengatur Pencernaan
Sembelit terjadi ketika makanan bergerak terlalu lambat saat melalui usus besar. Inilah yang sering mengakibatkan feses menjadi keras yang sulit untuk dikeluarkan. Makan makanan yang kaya akan fiber atau serat dapat membantu memindahkan kotoran pada usus besar lebih cepat. Serat juga berperan dalam menyerap air, melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk melalui usus.

Berbeda dengan sembelit, diare terjadi ketika makanan yang tidak tercerna bergerak terlalu cepat sebelum usus dapat menyerap air, akhirnya kotoran yang dihasilkan memiliki tekstur yang cair. Kemampuan fiber untuk menyerap air membantu membuat tinja menjadi lebih padat. Selain itu, fiber juga akan memperlambat waktu transit, sehingga memberi usus besar kesempatan untuk menyerap air tambahan. Fiber juga merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan isi usus besar serta mengikat makanan yang tidak bisa dicerna secara bersamaan.

Peran fiber dalam menyesuaikan kepadatan feses yang tepat akan membantu memperlancar pencernaan, khususnya seputar buang air.

Jenis Fiber: Serat Tidak Larut dan Larut
Fiber atau serat adalah bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan sebagian besar ditemukan berasal dari tanaman. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada banyak bentuk serat, masing-masing dengan efek unik, khususnya dari segi nutrisi dan kesehatan. Dua kategori penting adalah serat larut dan tidak larut.

Serat larut dapat larut dalam air hingga menciptakan zat seperti gel yang membantu menurunkan kolesterol. Sumber serat larut cukup beragam, mulai dari gandum, gandum hitam, kacang, jeruk, dan apel.

Serat yang tidak larut memiliki tekstur yang cenderung utuh saat melewati sistem pencernaan. Inilah yang membuat serat tidak larut sangat membantu dalam mencegah atau mengurangi sembelit. Serat tidak larut juga dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, asupan serat tidak larut dapat membuat makanan tampak lebih mengenyangkan tanpa menambah kalori. Sumber serat tidak larut adalah gandum, beras merah, seledri, wortel, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan dengan Kandungan Fiber
Serat juga dapat dibedakan berdasarkan sumbernya. Penelitian menunjukkan bahwa serat sereal memiliki keunggulan dalam membantu pencernaan. Serat ini juga terbukti bermanfaat dalam melindungi tubuh dari penyakit arteri koroner, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik.

Biji-bijian sereal biasanya lebih tinggi serat secara keseluruhan daripada buah-buahan dan sayuran. Untuk itu, Anda jangan pernah menyepelekan asupan sereal yang berasal dari gandum, dan biji-bijian lainnya untuk meredakan masalah pencernaan Anda

Sumber serat tertentu mungkin akan sangat membantu Anda dalam menghadapi masalah dan kondisi pencernaan tertentu. Jika tujuan Anda adalah menurunkan kadar kolesterol darah, misalnya, Anda akan direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak gandum dan kacang-kacangan yang kaya akan serat larut. Sedangkan untuk meningkatkan kadar bakteri ramah yang menghuni usus dan membantu mencerna makanan, Anda akan sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi gandum, bawang, artichoke, dan sawi putih. Makanan ini kaya dengan fructo-oligosaccharides, yaitu komponen dalam sebagian bentuk serat yang mendorong pertumbuhan bakteri bermanfaat ini.

Sebelum Anda mulai bingung untuk memilih serat mana yang harus dikonsumsi, cobalah untuk mengonsumsi semua jenis serat dari berbagai sumber. Apalagi mengingat di era modern ini, di mana makanan cepat saji menjadi pilihan, dan menyebabkan asupan fiber masyarakat tidak dapat memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Bahkan, hanya setengah serat yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal, termasuk sistem pencernaan yang sehat.

Para ahli sepakat bahwa cara terbaik untuk menjaga pencernaan tetap pada kerja yang optimal adalah dengan meningkatkan konsumsi serat dalam semua bentuknya. Makanlah makanan yang bervariasi yang meliputi biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Read More