Fungsi Betametason Topikal untuk Kulitmu

Ada berbagai jenis obat topikal yang diberikan pada kulit

Merupakan obat kortikosteroid berbentuk oles yang dapat digunakan untuk mengatasi reaksi alergi atau mengurangi peradangan kulit akibat sejumlah kondisi dinamakan betametason topikal atau juga disebut obat topikal. Obat ini mampu menjadi obat untuk kondisi seperti eksim hingga dermatitis, karena bekerja dengan menghidupkan senyawa-senyawa alami yang fungsinya meredakan gejala.

Biasanya betametason topikal diberikan sebagai langkah pengobatan jangka pendek untuk kelainan kulit yang tidak terlalu luas. Misalnya seperti kulit di kepala dan telapak tangan atau kaki, apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka akan muncul risiko efek samping dan kondisi tersebut dapat meningkat.

Betametason Obat Topikal

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa betametason topikal merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit seperti eksim, psoriasis atau reaksi alergi. Obat ini mampu mengurangi bengkak, gatal dan kemerahan yang muncul akibat kondisi tersebut, untuk penggunaan obat ini lakukan seperti anjuran dokter atau brosur informasi.

Penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan ketika kulit dalam keadaan lembab, tetapi tidak sampai licin. Seseorang bisa menggunakan losion atau pelembab terlebih dahulu, tunggu 10 sampai 15 menit agar pelembab terserap sempurna lalu oleskan betametason pada kulit yang mengalami infeksi atau gejala reaksi alergi.

Dosis pemakaian obat ini sangat bergantung pada lokasi dan area kulit, pada umumnya sebarannya satu ruas ujung jari telunjuk. Lakukan pemakaian satu sampai dua kali dalam sehari, sementara rata-rata jangka waktu pemakaian adalah 7-14 hari hingga gejala yang muncul hilang. Namun demikian, pasien harus memperhatikan penggunaan obat ini dengan benar.

Penggunaan Betametason yang Benar

Sebelum menggunakan obat ini pasien diharap untuk membaca petunjuk yang tertera pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan obat ini. Dilarang untuk menambahkan atau mengurangi dosis tanpa mendapat izin dokter, selain itu juga dilarang menggunakan obat ini pada wajah, ketiak atau selangkangan kecuali seizin dokter.

Cuci dan bersihkan tangan sebelum memakai obat ini, keringkan sampai bersih area kulit yang mengalami peradangan. Setelah itu, oleskan obat ini pada area tersebut lalu gosok secara perlahan, hindari menutupnya dengan perban, kain atau penutup kecuali jika dokter menyarankan hal yang sebaliknya.

Jangan memakai betametason untuk daerah kulit yang mengalami infeksi, obat ini hanya boleh dioleskan pada kulit yang terinfeksi jika digunakan bersama dengan obat yang mengandung antibiotik atau antijamur. Lebih lanjut, pasien bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait mengenai cara pemakaian betametason topikal pada kulit yang terinfeksi.

Cara Menyimpan dan Efek Samping

Cara terbaik untuk menyimpan obat ini adalah dengan ditempatkan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan juga disimpan di kamar mandi, perlu diketahui bahwa merek lain obat ini memiliki tata cara atau aturan penyimpanan yang berbeda. Pasien tetap harus memerhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk.

Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, sangat disarankan untuk tidak menyiram obat ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Kecuali jika pasien mendapat instruksi demikian dari dokter, buang produk ini jika masa berlakunya telah habis atau sudah tidak diperlukan lagi. 

Relasi pasien terhadap obat ini berbeda-beda, betametason topikal dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit, kulit kering, kemerahan, gatal dan panas. Segera hentikan pemakaian obat topikal ini jika mengalami kondisi tersebut dan segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi terhadap kondisi yang terjadi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>