Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Merupakan jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut di wajah dan isi didalamnya adalah nanah disebut dengan jerawat batu. Dalam kebanyakan kasus, jerawat ini akan menimbulkan bekas berupa luka parut, kemerahan dan lubang di wajah yang sulit hilang. Penyebab jerawat batu ini beragam dan hanya bisa diatasi dengan obat jerawat batu.

jerawat batu

Jerawat batu serng kali muncul ketika siklus menstruasi perempuan semakin mendekat, perempuan ibu hamil, perempuan di masa menopause dan yang mengalami polycystic ovary syndrome. Perempuan dalam kondisi tersebut membuat perempan rentan terkena jerawat batu, meskipun jerawat ini tak hanya menyerang perempuan saja.

Obat Jerawat Batu Bahan Alami

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan ternyata merupakan obat alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Untuk menggunakan kentang bisa melakukan langkah berikut, potong tipis satu buah kentang yang sudah dikupas, kemudian letakkan potongan di area yang terdapat jerawat batu,  diamkan 10 menit, lalu bilas bersih.

  1. Es Batu

Es batu bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit, cara mengobatinya bisa dalam semalam. Gunakan kain sebagai wadah beberapa es batu, lalu tempelkan selama beberapa menit pada area yang berjerawat. Ulangi cara ini hingga kemerahan pada kulit menghilang dan pastikan untuk tidak menekan terlalu kencang.

  1. Kunyit, Jeruk Nipis dan Madu

Kombinasi ketiga bahan ini juga sangat ampuh dalam mengatasi jerawat baru, cara yang harus dilakukan juga mudah. Haluskan kunyit secukupnya, tambahkan jeruk nipis dan madu. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata membentuk seperti pasta, setelah itu pakai pasta hasil ketiga bahan tadi sebagai masker, diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Putih Telur

Cara mengobati jerawat batu dengan menggunakan putih telur juga cukup mudah, di samping putih telur yang sangat ampuh karena mengandung enzim lysonzim di dalamnya. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya, lalu tambahkan air perasan lemon dan oleskan kedua campuran ini pada area wajah jerawat batu, setelah itu diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih ampuh dijadikan sebagai obat jerawat karena memiliki reaksi yang cepat, salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan zat sulfur yang dipercaya mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Cukup tempelkan potongan bawang putih pada jerawat batu di wajah, diamkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan.

  1. Kulit Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan yang kaya akan manfaat kesehatan, termasuk pada kulitnya. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat batu di wajah, keringkan kulit jeruk dengan cara dijemur lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air, oles campuran bahan ini pada wajah hingga membentuk masker, tunggu 15 menit lalu bilas.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ampuh dijadikan sebagai obat jerawat batu alami untuk mengatasi jerawat termasuk membasmi bakteri yang merupakan penyebab jerawat batu di wajah. Cara yang harus dilakukan pun sangat mudah, cukup menempelkan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua bagian, tunggu 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Perlu diketahui, sangat disarankan untuk tidak memencet jerawat batu dalam proses pengobatan yang dilakukan. Terlepas dari itu, kebiasaan memencet wajah justru meningkatkan risiko munculnya peradangan sehingga dapat menghasilkan pigmen baru yang membuat warna kulit lebih gelap.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>