Bukan Hanya untuk Sistem Imun, Inilah Manfaat Jeruk Nipis

Rasanya yang segar membuat jeruk nipis banyak digemari. Apalagi bila meminum air perasannya dengan tambahan es dan sedikit gula di siang hari, sungguh menyegarkan.  Tak hanya menyegarkan, manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ternyata sangat melimpah.

Jeruk nipis banyak dipercaya dapat dapat menurunkan berat badan dan mencegah keriput. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga membuat jeruk nipis dapat menghalau pengaruh buruk radikal bebas.

Manfaat jeruk nipis tersebut tentu sangat dipengaruhi oleh nutrien yang dikandungnya. Dalam 60 gram jeruk nipis saja, terdapat vitamin C yang dapat memenuhi 22% kebutuhan harian tubuh. Ditambah lagi karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, vitamin B12, serta aneka mineral yang dikandungnya.

Jadi, apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan?

1. Membantu Menurunkan berat badan

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Dengan demikian, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori dan lebih sedikit lemak yang disimpan di tubuh.

Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis ini, Anda cukup minum segelas air jeruk nipis di pagi hari atau menghisap potongan jeruk nipis sebelum makan.

2. Mencegah kerusakan sel tubuh

Jeruk nipis diketahui mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Itu sebabnya, salah satu manfaat jeruk nipis adalah mencegah kerusakan sel tubuh. Sebagian besar kerusakan sel tubuh disebabkan oleh radikal bebas, berujung timbulnya penyakit, seperti diabetes, kanker, demensia, dan lain-lain.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis banyak dibutuhkan untuk produksi kolagen. Seperti telah diketahui, kolagen dapat menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Antioksidan yang terdapat di dalam jeruk nipis juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Sehingga, tak sedikit orang minum air jeruk nipis karena mendambakan kulit yang sehat dan tampak selalu muda.

4. Membantu mencegah batu ginjal

Rasa asam dari jeruk nipis disebabkan oleh adanya asam sitrat. Asam yang satu ini diketahui dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah-buahan sitrus, seperti jeruk nipis dan lemon, disebut-sebut memiliki risiko lebih rendah untuk terkena batu ginjal.

5. Membantu melawan bakteri

Di dalam jeruk nipis terdapat zat yang disebut limonen. Senyawa tersebut diketahui memiliki daya antibakteri, yaitu dapat melawan bakteri streptococcus yang banyak menjadi penyebab masalah di rongga mulut dan saluran pernapasan.

Bahkan pada sebuah penelitian lain, limonin disebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun, senyawa limonin ini paling banyak terkandung pada bagian jeruk yang tidak dapat dimakan, seperti biji dan kulit ari.

Pada dasarnya, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, kandungan asam di dalam jeruk nipis kadang memicu gangguan pencernaan. Terutama pada mereka yang memiliki riwayat penyakit GERD.

Selain itu, konsumsi jeruk nipis dalam jumlah banyak juga dapat merusak gigi dan membuatnya lebih mudah berlubang.

Selain kedua masalah di atas, masih ada persoalan alergi. Meskipun jarang sekali orang yang memiliki alergi terhadap jeruk nipis, namun buah yang satu ini berpotensi menimbulkan alergi. Orang yang alergi jeruk nipis umumnya akan mengalami bentol-bentol yang terasa gatal, bengkak, hingga sesak napas, bila mengonsumsi jeruk nipis. Jika mengalami kondisi tersebut, segeralah mencari bantuan medis.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan sebenarnya tidak diragukan lagi. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>