Berharap Memiliki Keturunan? Cobalah Konsumsi Makanan Penyubur Sperma

Seperti diketahui, kecepatan seorang wanita mengandung cukup bervariasi. Sebab kehamilan memang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang cukup penting adalah kualitas sperma. Maka, bagi para suami yang berharap segera memiliki keturunan, ada baiknya rutin mengonsumsi makanan penyubur sperma.

Manfaat makanan penyubur sperma, antara lain membantu untuk menambah jumlah sperma, memiliki bentuk sperma yang sehat, serta menambah volume semen. Sehingga, potensi terjadinya kehamilan juga akan lebih tinggi.

Aneka makanan penyubur sperma

Kehamilan memang baru dapat tercapai apabila pria dan wanita memiliki komponen-komponen yang dibutuhkan. Diperlukan sel telur yang sehat dari wanita, serta sperma yang juga sehat dari pria.

Para pria sering disarankan untuk beristirahat cukup dan berolahraga untuk menjaga kualitas sperma. Selain itu, kualitas sperma juga dapat ditunjang dengan konsumsi makanan penyubur sperma.

1. Daging sapi dan ayam

Di dalam daging sapi dan ayam, terkandung zinc yang diketahui dapat membantu mengatur jumlah sperma serta pergerakan atau motilitasnya. Jumlah dan pergerakan sperma ini berperan penting, dengan jumlah yang memadai dan pergerakan yang baik, sperma dapat mencapai sel telur dengan selamat sehingga terjadi pembuahan.

Sebetulnya, bukan hanya bagian daging, hati sapi dan ayam juga termasuk jenis makanan yang baik untuk sperma. Kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi di dalam hati dapat meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.

2. Sayuran hijau

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kerusakan DNA sperma dan rendahnya produksi sperma. Oleh karenanya, kebutuhan asam folat ini harus dipenuhi. Anda dapat memenuhinya dengan mengonsumsi aneka sayuran hijau, seperti bayam, sawi, atau selada.

3. Ikan

Ikan termasuk jenis makanan penyubur sperma yang cukup populer. Jenis-jenis ikan berlemak, seperti tuna, salmon, dan makarel, mengandung vitamin D yang tinggi.

Mengapa vitamin D penting bagi kualitas sperma? Sebab vitamin yang satu ini dapat meningkatkan produksi testosteron dan memperbaiki motilitas sperma.

4. Kacang-kacangan

Di dalam kacang-kacangan, terdapat komponen vitamin E dalam kadar cukup tinggi. Selain bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi sperma dari kerusakan, vitamin E juga memiliki peranan penting dalam produksi hormon-hormon reproduksi, seperti hormon testosteron.

5. Telur

Seperti halnya kacang-kacangan, telur juga kaya akan vitamin E. Selain itu, protein di dalam telur juga dapat membantu motilitas sperma serta menambah volume sperma.

6. Susu dan produk olahannya

Seperti telah disebutkan sebelumnya, vitamin D berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas sperma. Susu dan berbagai produk olahannya termasuk jenis makanan yang kaya akan vitamin D.

Di dalam susu, terdapat pula asam D-aspartat, suatu asam amino yang memengaruhi pengaturan hormon testosteron, meningkatkan konsentrasi sperma, dan memperbaiki motilitas sperma.

7. Ginseng

Ginseng mengandung suatu zat aktif yang disebut ginsenoside. Zat tersebut dapat menstimulasi pembentukan sperma. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan memperbaiki pergerakan sperma. 

8. Dark Chocolate

Barangkali tidak banyak yang mengetahui bahwa cokelat merupakan salah satu makanan penyubur sperma. Akan tetapi, jenis cokelat yang mengandung susu atau gula, melainkan dark chocolate.

Terkandung enzim L-arginine di dalam dark chocolate, yang dapat membantu menambah volume sperma.

Mengonsumsi makanan penyubur sperma dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, namun hal tersebut saja tidak cukup. Bagi pria yang ingin segera memperoleh keturunan, perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>