Berapakah Jumlah Gigi Orang Dewasa Seharusnya?

Berapakah Jumlah Gigi Orang Dewasa Seharusnya?

Peranan gigi itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Gigi berfungsi untuk membantu orang berbicara, mengunyah, dan menelan makanan. Bayangkan, jika tidak ada gigi, maka aktivitas tersebut tidak dapat dilakukan dengan lancar. Kira-kira, berapa ya jumlah gigi orang dewasa yang normal? Seperti apa pula susunannya? Berikut ini penjelasannya.

Berapa sih jumlah gigi orang dewasa seharusnya?

Umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi, yang terdiri atas 16 gigi bawah dan 16 gigi atas. Setiap 1 baris gigi, mencakup:

  • 4 buah gigi seri, di bagian tengah depan mulut.
  • 2 buah gigi taring, masing-masing satu yang terletak di kedua sisi gigi seri.
  • 2 buah gigi premolar dan 3 buah gigi molar di belakang, masing-masing ada lima di setiap sisi.

Sayangnya, tidak selalu jumlah gigi orang dewasa berjumlah 32 buah, sebab mungkin saja tidak memiliki gigi geraham ketiga atau gigi bungsu di rahang mereka. 

Jika orang dewasa memang memiliki gigi bungsu, maka gigi tersebut cenderung mulai tumbuh saat berusia sekitar 18 tahun. Jika gigi bungsu Anda tidak muncul dengan benar atau mengalami infeksi, kemungkinan besar dokter gigi Anda harus mencabutnya.

Memahami anatomi gigi

Gigi terbuat dari kalsium, yang merupakan bahan yang sama dengan penyusun tulang. Gigi susu pertama kali tumbuh saat bayi berusia 6 bulan, tetapi bisa lebih cepat atau lebih lambat (maksimal 1 tahun). Anak-anak cenderung memiliki semua gigi susunya pada usia 3 tahun.

Setiap gigi memiliki dua bagian, yaitu mahkota dan akar. Mahkota adalah bagian putih dari gigi yang dapat dilihat, sedangkan akarnya adalah bagian gigi yang tidak dapat dilihat atau tersembunyi di dalam gusi. Akar inilah yang menancapkan gigi ke tulang rahang.

Gigi tersusun atas lapisan-lapisan, yaitu enamel, dentin, sementum, dan pulpa gigi.

  • Enamel.

Enamel adalah lapisan yang menutupi mahkota atau bagian terluar gigi. Perannya adalah melindungi gigi dari cedera fisik dan kimiawi. 

  • Dentin.

Dentin adalah bagian utama dari jaringan gigi yang strukturnya mirip dengan tulang. Dentin dibentuk oleh sel odontoblas, mirip dengan sel osteoblas pada tulang. Bedanya, dentin tidak punya pembuluh darah.

  • Semen.

Sementum adalah jaringan yang menutupi permukaan akar gigi. Fungsi utamanya untuk menopang dan memperbaiki gigi di tulang rahang.

  • Pulpa gigi.

Pulpa gigi terdapat di bagian tengah gigi, yang tersusun atas jaringan lepas, antara lain saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat.

Jika ada bakteri yang berhasil melewati bagian enamel dan dentin, maka pulpa gigi akan meradang sebagai upaya pertahanan gigi. Peradangan pulpa ini bisa menyebabkan pulpitis yang sangat menyakitkan.

Selain bagian gigi di atas, gigi juga dibedakan atas 4 jenis, yaitu:

  1. Gigi seri atau gigi depan, untuk memotong makanan menjadi lebih kecil.
  2. Gigi taring, untuk memotong dan merobek makanan, serta memastikan baris gigi atas dan gigi bawah tidak bentrok.
  3. Premolar, untuk menghancurkan dan menggiling makanan.
  4. Molar, untuk menumbuk makanan hingga siap untuk ditelan.

Jumlah masing-masing jenis gigi

Jumlah gigi orang dewasa adalah 32 buah, yaitu 16 di bagian atas dan 16 di bagian bawah. Jumlah ini sesuai dengan total masing-masing jenis gigi, yaitu:

  1. Gigi seri 8 buah, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.
  2. Gigi taring 4 buah, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah.
  3. Premolar 8 buah, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.
  4. Geraham 12 buah, 6 di rahang atas dan 6 di rahang bawah.

Jadi, jumlah gigi orang dewasa seharusnya adalah 32 buah. Nah, setelah mengetahui hal ini, cobalah perhatikan dan hitung jumlah gigi Anda, apakah jumlahnya sama atau berbeda? Jika berbeda, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi untuk memastikan kondisi kesehatan gigi Anda. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>