Beragam Obat Batuk Alami dan Efektif

Batuk memerankan peran penting dalam membersihkan infeksi dan zat yang mengiritasi dari dalam tubuh. Akan tetapi, batuk yang terus menerus merupakan hal yang sangat mengganggu. Perawatan batuk yang terbaik tergantung penyebab utama batuk tersebut. Batuk dapat disebabkan karena beberapa hal, termasuk alergi, infeksi, dan refluks asam. Obat batuk alami dapat membantu meringankan gejala yang ditimbulkan. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa pengawasan herbal dan suplemen hampir tidak ada. Mereka yang menggunakan produk-produk tersebut memiliki kemungkinan mendapatkan produk yang berkualitas rendah dan berbahaya. Ada beberapa jenis obat alternatif rumahan yang bisa Anda coba untuk meringankan gejala sakit batuk. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih dalam.

Teh madu hangat menyehatkan

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meringankan gejala sakit batuk. Studi tentang perawatan batuk pada anak-anak menggunakan madu, dextromethorphan (sebuah obat yang dapat menekan batuk), dan tanpa pengobatan apapun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa madu dapat meringankan gejala batuk, yang diikuti keefektifannya oleh dextromethorphan. Walaupun keefektifan madu tidak begitu berbeda dengan dextromethorphan, orangtua lebih suka menggunakan madu untuk merawat batuk si kecil karena sifatnya yang alami. Apabila Anda ingin menggunakan madu sebagai obat batuk alami, Anda hanya perlu menambahkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh herbal dan minum campuran tersebut satu atau dua kali sehari. Penting untuk diingat, Anda dilarang memberikan madu ke pada anak di bawah usia 1 tahun.

Jahe pereda batuk kering

Jahe dapat meredakan batuk kering dan batuk yang disebabkan karena asthma. Hal ini disebabkan kandungan yang ada di dalam jahe dan sifatnya yang anti-peradangan. Jahe juga dapat meringankan gejala pusing dan mual. Sebuah studi menyebutkan bahwa senyawa anti-peradangan yang ada di dalam jahe dapat menenangkan membrane yang ada di saluran pernapasan, sehingga dapat mengurangi batuk. Penelitian tersebut umumnya hanya meneliti efek jahe pada sel-sel manusi dan hewan. Sehingga, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan khasiat dan keefektifan jahe. Apabila Anda ingin menggunakan jahe sebagai obat batuk alami, rebus 20 hingga 40 gram jahe bersama teh. Diamkan setelah mendidih selama beberapa saat sebelum diminum. Anda bisa menambahkan jus lemon dan madu sebagai penambah rasa dan menenangkan batuk. Namun berhati-hatilah, dalam kasus tertentu jahe dapat menyebabkan sakit perut sehingga konsumsi harus dilakukan hanya dalam batas yang wajar saja.

Minum banyak air

Selalu dan tetap terhidrasi merupakan hal yang penting bagi mereka yang sedang menderita batuk dan demam. Beberapa penelitian menunjukkan minum air pada suhu ruangan dapat meringankan gejala batuk, hidung meler, dan juga bersin-bersin. Akan tetapi, orang-orang dengan gejala batuk yang dilengkapi dengan gejala demam atau flu dapat mendapatkan manfaat lebih dengan menghangatkan minuman terlebih dahulu. Dalam studi yang sama bahkan menjelaskan minuman yang panas dapat meringankan gejala batuk dan gejala demam lain seperti pusing, tenggorokan sakit, dan tubuh menggigil. Gejala batuk dan demam akan berubah menjadi ringan dalam beberapa menit saja dan tubuh terus akan membaik hingga beberapa jam setelah minuman selesai di minum. Minuman panas yang direkomendasikan sebagai obat batuk alami seperti teh herbal, teh hitam tanpa kafein, air hangat, dan jus buah hangat. Apabila batuk Anda tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan perawatan yang cepat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>