Apa Saja Fungsi Jaringan Epidermis?

Jaringan epidermis adalah lapisan terluar dari kulit

Epidermis berasal dari kata ‘epi,’ yang merupakan atas, dan ‘derma,’ yang merupakan kulit. Jaringan epidermis merupakan organ terbesar kedua setelah sistem vaskuler. Fungsi jaringan epidermis juga perlu dijaga demi kesehatan tubuh.

Jaringan epidermis memiliki kegunaan untuk melapisi bagian dalam tubuh. Jaringan epidermis juga memiliki ukuran yang berbeda, tergantung dari lokasinya. Contoh epidermis yang paling tipis ada di bagian mata yang memiliki tebal setengah milimeter. Contoh epidermis yang paling tebal ada di bagian telapak tangan dan kaki yang ukurannya sebesar 1,5 milimeter.

Lapisan Jaringan Epidermis

Selain itu, jaringan epidermis juga terdapat lapisan yang berbeda pada bagian tubuh. Lapisan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lapisan sel basal (stratum basale)

Lapisan ini merupakan lapisan yang paling dalam pada bagian tubuh. Lapisan sel basal juga merupakan tempat melanosit untuk menghasilkan melanin berupa pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit.

  • Lapisan sel skuamosa (stratum spinosum)

Lapisan sel skuamosa merupakan lapisan yang paling tebal pada bagian kulit yang terletak di atas lapisan sel basal. Sel-sel basal yang matang berubah menjadi lapisan sel skuamosa.

  • Lapisan granular (stratum granulosum)

Lapisan granular terdiri dari sel-sel keratinosit yang bergerak naik dari skuamosa. Ketika sel-sel tersebut bergerak mendekati permukaan kulit, sel-sel tersebut menyebar dan menempel hingga kering dan menjadi sel kulit mati.

  • Lapisan korneum (stratum corneum)

Lapisan korneum merupakan lapisan epidermis paling luar yang terdiri dari 10 hingga 30 lapisan keratinosit mati yang didorong keluar dari lapisan granular secara terus menerus.

  • Lapisan lusidum (stratum lucidum)

Lapisan lusidum hanya ada pada epidermis yang terletak di bagian telapak tangan dan kaki. Lapisan lusidum juga terdapat empat lapisan lain yang kegunaannya hanya untuk mempertebal epidermis supaya lebih kuat.

Fungsi Jaringan Epidermis

Fungsi jaringan epidermis pada tubuh adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan sel-sel kulit baru

Fungsi utama dari jaringan epidermis adalah menghasilkan sel-sel kulit baru. Tidak hanya itu, jaringan epidermis juga memperbarui sel-sel kulit mati. Tubuh manusia menghasilkan 500 juta sel kulit mati setiap hari. Kulit normal akan regenerasi setiap 27 hari.

  • Menentukan warna kulit

Jaringan epidermis juga dapat menentukan warna kulit karena terdapat kandungan melanosit yang memproduksi pigmen berupa melanin.

  • Melindungi kulit dari sinar UV

Jaringan epidermis juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV karena terdapat melanin. Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan kanker kulit.

  • Sebagai pertahanan pada tubuh

Fungsi lain jaringan epidermis adalah sebagai pertahanan pada tubuh dengan mencegah kehilangan air dari tubuh, mengurangi penyerapan bahan kimia dari berbagai lingkungan, serta mencegah infeksi mikroba demi menjaga kesehatan tubuh.

  • Membantu pembentukan kuku dan rambut

Jaringan epidermis juga dapat membantu pembentukan kuku dan rambut karena terdapat keratinosit yang memproduksi keratin untuk melindungi kulit, kuku, dan rambut.

  • Mengatur respon imun

Jaringan epidermis yang terdapat lapisan skuamosa mampu melindungi kulit dari zat asing. Selain itu terdapat sel-sel Langerhans yang mensintesis sitokin untuk mengatur respon imun atau daya tahan tubuh.

  • Mempengaruhi kulit dengan memberikan sentuhan

Jaringan epidermis juga terdapat sel yang disebut sebagai sel merkel untuk memberikan sentuhan pada kulit. Menurut Journal of Cell Biology, sel merkel juga berfungsi sebagai penekan tumor untuk mencegah kanker kulit.

Selain mengetahui lapisan dan fungsi jaringan epidermis, manusia perlu menjaga epidermis dengan menjaga kebersihan kulit. Mereka juga dapat memberikan nutrisi dengan konsumsi makanan bergizi, minum air mineral sebanyak 2 liter setiap hari, dan gunakan tabir surya untuk mencegah kulit dari sinar matahari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>