Apa Ada Efek Samping Obat Cacing? Simak Jawabannya Berikut Ini

Apa Ada Efek Samping Obat Cacing? Simak Jawabannya Berikut Ini

Apa ada efek samping obat cacing? Seperti obat pada umumnya, obat cacing pun memiliki efek samping yang berisiko membahayakan kesehatan tubuh. Efek samping obat cacing umumnya disebabkan oleh penggunaan dan konsumsi yang tidak sesuai aturan, seperti dosis berlebih maupun konsumsi obat cacing yang tidak dibutuhkan. Lalu, apa saja efek samping obat cacing yang perlu Anda waspadai?

Efek samping obat cacing untuk kesehatan

Banyaknya cacing pada tubuh dapat mengurangi jumlah sel darah merah. Pasalnya, parasit cacing ini hidup dengan mengambil asupan gizi yang Anda konsumsi. Infeksi cacing atau yang sering dikenal dengan cacingan ini menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti anemia. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine.

Efek samping obat cacing dapat berbeda-beda, tergantung pada kondisi individu yang mengonsumsinya dan juga jenis obat yang dikonsumsi. Di bawah ini terdapat beberapa efek samping obat cacing yang telah diketahui.

1. Efek samping obat cacing jenis pyrantel

Jenis obat cacing pyrantel dikonsumsi untuk membantu dalam mencegah pertumbuhan dan perkembangan biakan cacing kremi dalam tubuh. Beberapa efek samping obat cacing jenis ini, yaitu:

  • sakit kepala
  • sakit perut
  • mual
  • muntah
  • diare

Jika gejala di atas turut disertai dengan gejala lain, seperti kesulitan bernapas atau pembengkakan pada wajah, lidah, serta tenggorokan, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter. Hentikan juga konsumsi obat cacing pyrantel agar gejala tidak terus berlangsung. 

Konsumsi obat cacing pyrantel perlu disesuaikan dengan berat badan individu, yaitu dengan dosis 11 mg/kg badan untuk konsumsi sekali dalam sehari. 

2. Obat cacing albendazole

Efek samping obat cacing albendazole yang sejauh ini telah diketahui, yaitu sakit kepala, lemas, nyeri sendi, sakit perut, pusing, dan gatal-gatal.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa efek samping ini merupakan dampak kumulatif dari beberapa jenis obat cacing. Efek samping obat cacing jenis ini baru akan terasa jika dikonsumsi dengan dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama. Dasar dosis konsumsi obat cacing albendazole untuk orang dewasa, yaitu 800 mg/hari yang dibagi menjadi dua sesi.

Efek samping obat cacing albendazole jangka panjang dapat berupa kekurangan sel darah putih. Di samping itu, beberapa efek samping lainnya dapat memicu cedera otak, gagal ginjal, dan hepatitis toksik jika mengonsumsi 400 mg albendazole selama 2x sehari dalam jangka waktu 16 hari.

3. Efek samping obat cacing niclosamide

Pada dasarnya, penggunaan obat cacing niclosamide bertujuan untuk mematikan cacing pita yang terdapat dalam daging sapi dan ikan. Cacing pita ini dapat menginfeksi manusia melalui konsumsi daging yang telah terinfeksi tadi, seperti ketika tidak dimasak dengan matang atau tidak dibersihkan secara menyeluruh.

Obat cacing niclosamide hanya akan diberikan berdasarkan resep dokter. Jika tidak, maka efek samping yang mungkin akan timbul, yaitu:

  • diare
  • hilangnya nafsu makan
  • mual dan muntah
  • nyeri pada bagian perut

Di samping itu, obat cacing niclosamide juga berisiko memicu gangguan kesehatan lain, seperti ruam pada kulit, gatal di sekitar daerah dubur, rasa kantuk, pusing, dan kliyengan.

Aturan konsumsi obat niclosamide untuk orang dewasa yang terinfeksi cacing pita dari daging sapi atau ikan, yaitu 2 gram/hari. Konsumsi obat cacing ini dilakukan dalam seminggu secara berturut-turut. Sementara itu, dosis obat cacing ini untuk anak diberikan berdasarkan berat badan.

Mengobati cacingan memang penting. Namun, pencegahan juga tidak boleh dilewatkan. Terapkan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan tubuh, cuci tangan setelah keluar kamar mandi, sebelum dan sesudah makan atau masak, serta kenakan alas kaki saat keluar rumah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>