8 Fungsi Kuku Manusia yang Sebaiknya Anda Ketahui

Semua bagian tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing tak terkecuali kuku tangan dan kaki. Kuku tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki. Pertumbuhan kuku manusia terjadi secara perlahan sehingga membutuhkan waktu cukup lama. Hewan juga memiliki kuku sebagai salah satu bagian dari tubuhnya. Berbeda dengan kuku hewan, fungsi kuku manusia ternyata sangat beragam, lho! Berikut merupakann 8 fungsi kuku manusia yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Melindungi ujung jari

Fungsi kuku manusia yang pertama yaitu sebagai pelindung bagi ujung jari tangan dan kaki. Jaringan lunak pada sekitar tulang ujung jari mudah mengalami cedera. Adanya kuku pada tangan dan kaku dapat membantu melindungi ujung jari-jari Anda.

  • Membantu beraktivitas

Memegang objek menjadi lebih mudah karena adanya kuku tangan. Selain itu, ketika menggenggam sebuah objek dengan erat, kuku tangan memastikan bahwa aliran darah tetap lancar sehingga tidak mengalami kesemutan. Membantu Anda beraktivitas dengan lancar merupakan fungsi kuku manusia.

  • Membentengi jaringan

Untuk kuku kaki, terdapat fungsi membentengi jaringan lunak. Mengapa perlu dilindungi? Hal tersebut dikarenakan jaringan lunak di sekitar kuku padat dengan otot, pembuluh darah, serta daging di bawahnya.

  • Sebagai indikator kesehatan

Fungsi kuku selanjutnya yaitu sebagai indikator kesehatan. Bagian yang sering dicek oleh dokter ketika memeriksa kesehatan seseorang yaitu mata, lidah, serta kuku. Melalui pemeriksaan pada kuku, kondisi seperti syok atau dehidrasi dapat terdeteksi lebih dini. Selain itu, kondisi medis seperti hepatitis, malnutrisi, masalah pada organ dalam dapat dideteksi melalui warna kuku.

  • Membantu gerakan motorik halus

Gerakan motorik halus Anda juga terbantu dengan adanya kuku. Beberapa gerakan motorik halus seperti menggaruk rambut tidak akan mudah jika tidak ada kuku manusia. Dengan adanya kuku tangan, Anda dapat melakukan gerakan dengan lebih lancar dan mudah.

  • Menjaga keseimbangan

Kuku kaki memiliki fungsi tersendiri dibandingkan kuku tangan. Kuku kaki dapat membantu menjaga keseimbangan ketika Anda berjalan atau berlari. Oleh karena itu, Anda sebaiknya senantiasa memperhatikan kesehatan dan kebersihan kuku kaki.

  • Alat sensitivitas tubuh

Kuku manusia dapat menjadi alat sensitivitas tuubuh. Ketika Anda menyentuh objek tertentu, maka dengan adanya kuku jari maka sensitivitas Anda terhadap sentuhan semakin meningkat. Saraf di sekitar kuku akan mengirim sinyak ke otak ketika Anda merasakan objek tertentu.

  • Proteksi dari infeksi

Fungsi kuku lainnya yaitu sebagai proteksi bagi tubuh. Bagaimana bisa, padahal kan kuku hanya bagian kecil dari jari? Proteksi tubuh yang dimaksud yaitu mencegah infeksi virus dan bakteri. Kuku kaki juga dapat memproteksi Anda dari cedera.

  • Melindungi diri

Kuku manusia cukup tajam sehingga dapat digunakan untuk melindungi diri. Anda dapat menggunakan kuku untuk mencakar atau mencabik seseorang ketika dalam keadaan berbahaya. Hal ini memang tidak disarankan, namun ketika sedang terdesak, mencakar menggunakan kuku dapat dijadikan alat untuk melindungi diri.

Anda perlu menjaga kesehatan kuku agar dapat melakukan berbagai fungsinya dengan baik. Menjaga kuku manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, potong kuku dengan teratur menggunakan gunting khusus kuku. Kedua, hindari menggigit kuku. Ketiga, jangan terlalu sering mengaplikasikan cat kuku. Keempat, berikan nutrisi tambahan seperti krim khusus untuk membuat kuku sehat. Terakhir, jaga kebersihan kuku dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>